detikNews
Jumat 21 Juni 2019, 21:10 WIB

Cari Calo PPDB, Kajari Kota Sukabumi Menyamar Ortu Murid

Syahdan Alamsyah - detikNews
Cari Calo PPDB, Kajari Kota Sukabumi Menyamar Ortu Murid Kepala Kejari Kota Sukabumi Ganora Zarina (Foto: istimewa)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Sukabumi - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Sukabumi mendapat pengaduan terkait keberadaan calo yang gentayangan dan meresahkan sejumlah orang tua (ortu) murid yang mengikuti proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 di sejumlah sekolah.

Untuk memastikan itu, Kepala Kejari Kota Sukabumi Ganora Zarina turun langsung PPDB dengan cara pemantauan dan penyamaran menjadi ortu murid yang akan mendaftarkan anak ke beberapa sekolah.


Ganora mengaku instansi yang dipimpinnya tersebut sebenarnya sudah memantau langsung proses PPDB SMA Negeri dan SMK di Kota Sukabumi. Imbauan juga sudah diumumkan secara langsung kepada para kepala sekolah agar ketika proses PPDB dilakukan secara profesional dan sesuai aturan.

"Sejak awal proses PPDB, saya perintahkan seluruh Kasi untuk memantau dan monitoring ke sekolah sekolah, terutama Kasi Intelijen dan Kasi Datun. Ada pengaduan dari orang tua murid yang bertemu dengan calo dan dijanjikan bisa masuk ke sekolah favorit asalkan memberikan sejumlah uang. Karena penasaran, akhirnya saya juga turun langsung untuk mengecek di beberapa sekolah," kata Ganora kepada detikcom, Jumat (21/6/2019).

Ganora sengaja berdandan layaknya ortu murid yang akan mendaftarkan anaknya di salah satu sekolah. Mobil dinasnya disimpan jauh-jauh dari lokasi sekolah yang akan didatangi. Saat aksi tersebut, menurut dia, guru dan panitia PPDB tidak ada yang mengenalinya sebagai Kajari Kota Sukabumi.

"Saya tanya standar aja, apakah masih ada slot jalur zonasi, jalur prestasi ya tanya-tanya layaknya orang tua yang akan mendaftarkan anaknya masuk ke sekolah tersebut. Panitia PPDB menjelaskan mereka sesuai dengan aturan, tidak ada yang aneh atau mencurigakan," lanjutnya.

Cari Calo PPDB, Kajari Kota Sukabumi Nyamar Ortu MuridKepala Kejari Kota Sukabumi Ganora Zarina turun langsung PPDB 2019 dengan cara pemantauan dan penyamaran menjadi ortu murid. (Foto: istimewa)
Sepanjang menyamar ortu murid, Ganora menegaskan tak menemukan calo PPDB. "Saya cari, ternyata enggak ada calo yang diadukan warga," ucapnya mengungkapkan.


Ganora menduga, calo yang dimaksud oleh pihak pengadu ialah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dari luar sekolah yang ingin meraup keuntungan dari para ortu murid.

"Kita curiga ada pihak yang tidak bertanggung jawab di luar penyelenggara PPDB. Karena pihak-pihak ini memang meresahkan, baik pihak sekolah maupun warga yang ingin mendaftarkan anak-anak mereka," ucapnya.

"Untuk langkah antisipasi, kita pasang imbauan peringatan di sejumlah sekolah agar tidak tergiur dengan tawaran oknum yang menjanjikan putra-putri mereka di sekolah favorit dengan imbalan sejumlah uang," Ganora menambahkan.

Selain penyamaran, Ganora sengaja inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah sekolah untuk melihat langsung proses PPDB. "Kita lakukan sidak ke beberapa sekolah juga, alhamdulillah sejauh ini tidak ada masalah, berjalan sesuai aturan. Bahkan ada kepala sekolah yang curhat saat ini 'tekanan' atau siswa titipan sudah tidak ada lagi. Ini yang ingin kita pastikan terus agar PPDB di Kota Sukabumi berjalan dengan baik," tutur Ganora.





Lihat video Dunia Pendidikan Jadi Urutan ke-3 Ladang Korupsi:

[Gambas:Video 20detik]


(sya/bbn)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com