detikNews
Jumat 21 Juni 2019, 18:20 WIB

Program Rumah Murah KBB, Hengky Kurniawan: DP Hanya Rp 6 Juta

Yudha Maulana - detikNews
Program Rumah Murah KBB, Hengky Kurniawan: DP Hanya Rp 6 Juta Program rumah murah di Kabupaten Bandung Barat. DP sekitar Rp 6-7 juta dan cicilan Rp 700-800 ribu per bulan. (Foto: Tangkapan layar IG @hengkykurniawan)
Bandung Barat - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencanangkan program rumah murah bersubsidi. Cicilannya pun ringan hanya berkisar Rp 700-800 ribu per bulan.

Wakil Bupati KBB Hengky Kurniawan mengatakan program ini sejalan dengan program 1 juta rumah dari pemerintah pusat. Pihaknya pun telah membidik sejumlah bidang tanah di KBB.

"Tanahnya ada di Batujajar, Cihampelas, Cipatik, Ciburuy, Ngamprah, Cililin dan Cisarua. Jadi ini masuk ke program kita waktu janji kampanye rumah subsidi," kata Hengky saat dihubungi detikcom, Jumat (21/6/2019).


Spesifikasi rumahnya, kata dia, memiliki luas tanah 60 meter2 dengan luas bangunan sekitar 30-60 meter2. Bagi warga yang berminat, bisa mengirimkan data diri ke email daftarrumahmurahkbb@gmail.com dengan menyertakan scan KTP, KK dan buku tabungan.

"Nanti akan diperiksa oleh bank, dalam hal ini bank BJB untuk membalas email dari pemohon. Bila sudah memenuhi persyaratan awal, nanti akan diminta datang ke kantor BJB untuk melengkapi persyaratan lainnya," katanya.


Saat ini, kata Hengky, pihaknya masih menunggu terpenuhi kuota pendaftar. Ia berharap program ini bisa diikuti oleh generasi milenial, sebab cicilan dan DP rumahnya masih terjangkau yakni 5 persen dari harga.

"Daripada mengontrak misal Rp 1 juta per bulan, lebih baik ikut program rumah murah, DP-nya itu berkisar Rp 6-7 juta atau mengikuti aturan rumah bersubsidi," katanya.

"Kita tidak akan batasi jumlah pendaftar, tapi kita sekarang sedang menunggu kuota untuk pembebasan lahannya, kami siap memfasilitasi," katanya.


Pihaknya pun tak akan membatasi pilihan warga terkait wilayah rumah murah. "Tidak kami batasi, kalau misal warga Padalarang ingin tinggal di Batujajar, ya silakan, kami hanya akan memberikan masukan agar domisili warga dan tempat kerjanya tidak jauh," katanya.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed