detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 11:57 WIB

Warga-Napi Kini Bisa Nilai Kinerja Sipir Rutan Bandung via Pamasti

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Warga-Napi Kini Bisa Nilai Kinerja Sipir Rutan Bandung via Pamasti Pamasti, alat untuk menilai kinerja sipir Rutan Bandung. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Kinerja petugas di Rutan Klas 1 Bandung (Kebonwaru) diawasi. Masyarakat dan narapidana/tahanan di rutan tersebut bisa menilai kinerja petugas.

Penilaian dilakukan melalui sebuah aplikasi bernama 'Pamasti' yang dibuat khusus Rutan Bandung. Terdapat satu buah unit komputer mini yang disimpan di dekat ruang kunjungan.


Dalam komputer itu, tertera kriteria penilaian dari mulai sangat baik hingga sangat buruk. Pengunjung yang baru selesai melakukan kunjungan, bisa memberi penilaian terhadap pelayanan yang dilakukan para petugas.

"Apabila pengunjung memberikan penilaian sangat buruk, akan kita tindak lanjuti," ucap Kepala Rutan Bandung Hery Kusrita di Rutan Bandung, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Kamis (20/6/2019).

Hery mengatakan aplikasi ini merupakan suatu inovasi baru yang dihadirkan di Rutan Bandung untuk mengetahui penilaian masyarakat terhadap petugas. Selama ini, pihaknya tak banyak mengetahui respons masyarakat terhadap pelayanan sehingga perbaikan cenderung lamban.

"Masyarakat saat ini bisa memberikan kepuasan terhadap pelayanan baik pelayanan kunjungan atau yang lainnya," kata Hery.


Selain pengunjung, para narapidana dan tahanan yang menghuni rutan pun bisa memberi penilaian terhadap kinerja petugas. Mereka bisa menilai terkait pemenuhan hak yang diperlukan selama berada di bui.

"Mereka bisa menilai apakah selama ini kesehatannya diperhatikan, terkait penempatan sel, pemberian PB dan CB juga bisa dinilai," kata dia.

Rapor penilaian akan dilakukan selama satu kali sepekan. Nantinya akan dilihat penilaian apa yang didapat penilaian dari masyarakat maupun pengunjung.

"Kita perlu penilaian internal dan perbaikan layanan kepada masyarakat," ucapnya.
(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed