detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 13:24 WIB

Pemkot Bandung Klaim Program 'Kang Pisman' Berhasil Kurangi Timbunan Sampah

Mochamad Solehudin - detikNews
Pemkot Bandung Klaim Program Kang Pisman Berhasil Kurangi Timbunan Sampah Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Bandung dalam mengurangi timbunan sampah mulai berdampak positif. Salah satunya melalui program Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman) yang digulirkan sejak tahun lalu.

Direktur Umum PD Kebersihan Gun Gun Saptari Hidayat mengungkapkan, berdasarkan data pada Oktober hingga Desember 2018 jumlah timbulan sampah yang diangkut ke TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kurang lebih sebanyak 1.300 ton setiap harinya.

Jumlah itu mengalami penurunan mencapai 4 persen dibandingkan dengan data pada Januari-Maret 2019. Gun Gun menyebut penurunan jumlah timbulan sampah itu dipengaruhi berbagai faktor. Salah satunya mulai meningkatnya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah.

"Bila dikomparasi memang mengalami penurunan mencapai 4 persen," katanya, saat ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa (18/6/2019).

Disinggung adanya pengaruh dari program Kang Pisman terhadap penurunan jumlah timbunan sampah di Kota Bandung, dia belum berani mengklaim hal tersebut. Tapi yang jelas, lanjut dia, program tersebut mulai berdampak terhadap tingkat kesadaran masyarakat.

"Kita belum berani mengklaim, tapi terjadi penurunan. Indikatornya lebih ke kepedulian. Contohnya saja bank sampah naik, kepedulian masyarakat naik," ucapnya.

Pihaknya juga saat ini mengaku, akan semakin menggencarkan sosialisasi terkait program Kang Pisman ke masyarakat. Dengan begitu, diharapkan program ini bisa semakin dirasakan oleh masyarakat.

"Setelah ramadan, kampanye Kang Pisman akan terus kita masifkan. Karena kita ingin kurangi (timbulan sampah)," ujarnya.


(mso/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed