detikNews
Senin 17 Juni 2019, 12:43 WIB

Ambil Jalur Perpindahan Ortu, Anak Bungsu Ridwan Kamil Daftar ke SMA 3

Mukhlis Dinillah - detikNews
Ambil Jalur Perpindahan Ortu, Anak Bungsu Ridwan Kamil Daftar ke SMA 3 Foto: Mukhlis Dinillah
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Bandung - Hari ini, seluruh lulusan SMP di Jawa Barat berbondong-bondong mengikuti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK Negeri. Tak terkecuali anak bungsu Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Camillia Laetitia Azzahra (Zahra).

Zahra yang merupakan lulusan SMP Darul Hikam mendaftar ke SMA 3 Bandung. Zahra yang mengenakan seragam, ditemani ibunya Atalia Praratya yang tak lain istri Ridwan Kamil. Sejak pagi, keduanya datang untuk mengambil formulir pendaftaran sekaligus nomor antrean.

Meski berstatus anak orang nomor satu di Jabar, Zahra tak lantas diperlakukan spesial. Zahra bersama ibunya tetap harus mengikuti prosedur antrean selaiknya para siswa dan orang tua pendaftar lainnya. Keduanya datang pukul 08.00 WIB.

"Hari ini Alhamdulillah Zahra dapat nomor atrean 197 dari pagi sampai sekarang baru nomor 75-an. Jadi, lama (nunggunya)," kata Atalia kepada wartawan di SMA 3, Jalan Belitung, Kota Bandung, Senin (17/6/2019).

Ambil Jalur Perpindahan Ortu, Anak Bungsu Ridwan Kamil Daftar ke SMA 3Foto: Mukhlis Dinillah

Ia menuturkan Zahra mendaftar di SMA 3 melalui jalur perpindahan orang tua yang kuotanya hanya lima persen dari PPDB tahun ini. Jarak SMA 3 cukup dekat dengan tempat tinggalnya saat ini di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

"Jadi gini, Zahra itu sesungguhnya kalau dilihat dari hasil, NEM-nya cukup baik jadi 38,5. Tapi nampaknya, karena semenjak Kang Emil dilantik, kita sudah memutuskan untuk hampir 6 bulan lebih ke Pakuan. Kami akan mencoba jalur mutasi," ungkap dia.

Dia menyadari persaingan melalui jalur mutasi cukup ketat di SMA 3. Sebab, hanya akan ada 17 siswa yang bisa diterima di SMA 3 Bandung dari 340 siswa kuota keseluruhan.

"Tapi karena ini memang, hanya sedikit sekali kuotanya, kita harus bersiap-siap (alternatif). Jadi kali ini bersama dengan Zahra mendaftar ke SMA 3 pilihan pertama dan SMA 5 pilihan kedua," jelas dia.

Zahra mengaku memilih SMA 3 karena ingin mengikuti jejak sang ayah, Ridwan Kamil menjadi arsitek. Apalagi, sang ayah juga merupakan alumnus SMA 3 kala itu.

"Kalau keterima pengennya IPA, soalnya mau cita-citanya arsitek," kata Zahra.

Dia menyadari persaiangan untuk masuk ke SMA 3 tidaklah mudah. Meski begitu, ia tetap optimis bisa diterima dengan berbekal nilai yang didapatnya saat SMP di Darul Hikam Bandung.

"Karena tahun ini rata rata gede banget, dan nilai yang lebih gede di atas aku banyak, jadi optimistisnya enggak terlalu tinggi," ujar Zahra.


(mud/ern)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com