detikNews
Sabtu 15 Juni 2019, 15:12 WIB

Novanto Kibuli Pengawal Lapas Sebelum Pelesir ke Toko Bangunan Mewah

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Novanto Kibuli Pengawal Lapas Sebelum Pelesir ke Toko Bangunan Mewah Toko bangunan mewah yang didatangi oleh Setya Novanto. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung - Koruptor e-ktp Setya Novanto kepergok pelesiran ke sebuah toko bangunan mewah di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Novanto disebut mengelabui petugas untuk pelesiran. Seperti apa detik-detik Novanto pelesiran?

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat Liberti Sitinjak menjelaskan Novanto memang berada di luar Lapas Sukamiskin dan dirawat di rumah sakit Santosa Bandung sejak tanggal 12 Juni 2019. Novanto dijadwalkan pulang kemarin, Jumat (14/6/2019) kemarin.

"Nah hari Jumat menurut dokternya sudah bisa pulang. Lalu petugas pengawal telepon ke kantor untuk dijemput," ucap Liberti saat dikonfirmasi, Sabtu (15/6/2019).


Sekitar pukul 13.45 WIB, kata Liberti, Novanto meminta izin kepada petugas pengawal untuk ke lantai dasar. Novanto sendiri dirawat di lantai 8 rumah sakit tersebut.

"Dia permisi ke bawah alasannya untuk bayar perawatan administrasi," kata dia.

Petugas lantas mempersilakan lantaran menganggap percaya. Sebab saat Novanto minta izin, koruptor proyek e-KTP itu menggunakan kursi roda dengan istrinya.

"Anak buah kita itu terlalu percaya, sehingga dia tidak ikut ke bawah karena masih banyak barangnya di kamar perawatan," kata Liberti.


Petugas pengawal lantas menunggu di ruang perawatan Novanto. Namun, sudah sampai 2 jam lamanya Novanto tak kunjung kembali ke ruang perawatannya.

"Saat di cek ke bawah ternyata enggak ada. Dia (pengawal) tunggu-tunggu, baru masuk atau kembali lagi pukul 17.45 WIB," kata Liberti.

Sekembalinya ke rumah sakit, Novanto lantas dibawa ke Lapas Sukamiskin. Saat itu juga, Novanto dan pengawal diperiksa lantaran ditemukan kabar pelesiran ke Padalarang. Liberti lantas mengambil tindakan dengan memindahkan Novanto ke Rutan Gunung Sindur.

"Ini ada kelalaian, anak buah kita terlalu percaya. Saya minta maaf kepada publik. Anak buah saya belum menjalankan SOP dengan baik," katanya.


Sebelumnya Novanto kepergok pelesiran ke toko bangunan mewah yang berada di Padalarang. Dalam foto yang beredar, Novanto tampak mengenakan kemeja lengan pendek, memakai topi hitam dan wajahnya ditutup masker. Dalam foto itu Novanto tampak berbincang dengan seorang wanita berjilbab yang tengah menenteng tas berwarna merah. Atas insiden ini, Novanto dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur.



Tonton video Kepergok Pelesiran, Setya Novanto Dipindah ke Lapas Gunung Sindur:

[Gambas:Video 20detik]



Novanto Kibuli Pengawal Lapas Sebelum Pelesir ke Toko Bangunan Mewah

(dir/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed