detikNews
Kamis 13 Juni 2019, 15:11 WIB

Ketipu Investasi Pohon Rp 82 M, Korban Geruduk Rumah Bos Radio

Yudha Maulana - detikNews
Ketipu Investasi Pohon Rp 82 M, Korban Geruduk Rumah Bos Radio Ratusan orang geruduk rumah bos radio gegara tertipu investasi pohon hingga Rp 82 miliar. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi - Ratusan orang geruduk rumah pengusaha radio berinisial MS di Alam Sari Residence, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Kamis (13/6/2019) siang.

Mereka menuntut MS untuk mengembalikan uang investasi senilai Rp 82 miliar yang dijanjikan sebagai penyertaan modal bisnis pohon dan perkebunan.
Ketipu Investasi Pohon Rp 82 M, Korban Geruduk Rumah Bos RadioFoto: Yudha Maulana
Di antara ratusan orang yang berasal dari berbagai wilayah di Jawa Barat itu, terlihat dua orang disabilitas netra. Salah seorang dari mereka, Hendra (33) mengaku menyetor Rp 57 juta kepada MS.

"Awalnya saya mendengarkan di radio, soal penyertaan modal buah kesemek. Kita saat itu tak pikir matang-matang, karena percaya yang menyiarkannya itu MS pimpinan radio tersebut," kata Dadan kepada detikcom di sela aksi.

Sepengetahuannya, investasi yang disediakan MS berjalan normal meski ada beberapa kendala. Ia pun segera menyetor uang puluhan juta tersebut dengan rincian investasi pohon jabon Rp 20 juta, Rp 20 juta untuk pohon jati dan Rp 37,5 juta untuk pohon kesemek.

"Dijanjikan enam bulan bakal kembali, untuk kesemek misalnya saya dijanjikan dibayar Rp 17,5 juta per enam bulan selama tiga tahun. Tapi saya tunggu enam bulan, satu tahun, hingga hampir empat tahun enggak cair," ujarnya.


Pria yang sehari-hari bekerja sebagai trainer dan jasa pijat itu mengaku lelah selalu diberi janji namun tak ditepati oleh MS. "Selain saya ada puluhan disabilitas netra yang ikut, karena ini kan se-Indonesia," ucapnya.

Koordinator aksi, Hermawan mengatakan total kerugian yang dialami oleh seluruh korban mencapai puluhan miliar. "Kerugian mencapai Rp 82 miliar dari sekitar 5.000 nasabah (korban) se-Indonesia," katanya.

Menurut Hermawan, sebelumnya MS berjanji mengembalikan kerugian tersebut dengan menyerahkan rumahnya sebagai jaminan. Namun hingga kini belum ada realisasi pengembalian uang dan bahkan MS selalu mangkir jika diajak bertemu.

"Kalau saya sih habis Rp 30 juta, tapi kasihan yang lain yang habis sampai ratusan juta," katanya.


Saat ini, kata Hermawan, pihaknya telah melapor ke Polda Jabar. Sebab nasabah berasal dari berbagai wilayah di Jawa Barat. "Sekarang kami masih menunggu, tadinya kami mau menduduki rumah MS, tapi yang bersangkutan tidak ada," ujar Hermawan.


Ketipu Investasi Pohon Rp 82 M, Korban Geruduk Rumah Bos Radio

(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com