detikNews
Rabu 12 Juni 2019, 12:39 WIB

Hari Jadi Ciamis Dimeriahkan Rampak Kendang Hingga Kuliner Gratis

Dadang Hermansyah - detikNews
Hari Jadi Ciamis Dimeriahkan Rampak Kendang Hingga Kuliner Gratis Sejumlah rangkaian acara seperti rampak kendang, kirab pusaka hingga jajanan gratis digelar untuk memeriahkan hari jadi Ciamis ke -377 tahun. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Hari jadi Kabupaten Ciamis diperingati setiap tanggal 12 Juni, tepat tahun 2019 ini Ciamis berusia 377 tahun. Berbagai kegiatan telah dilakukan oleh panitia hari jadi, mulai ziarah ke Makam Galuh, upacara peringatan, penampilan kesenian rampak kendang, kirab pataka, rapat paripurna dan yang paling ditunggu warga adalah jajanan gratis.


Pantauan detikcom Rabu (12/6/2019) pagi, kegiatan dipusatkan di Pendopo Bupati Ciamis, Jalan Jendral Sudirman. Di tempat ini digelar kesenian rampak kendang yang disaksikan oleh para pejabat Pemkab Ciamis.

Setelah itu dilaksanakan kirab pusaka dengan mengarak bendera berlogo Ciamis dari Pendopo menuju Gedung DPRD Ciamis yang diikuti oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, DPRD, unsur Forkopimda dan para pejabat Pemkab Ciamis. Sesampainya di DPRD dilaksanakan rapat paripurna hari jadi.
Hari Jadi Ciamis Dimeriahkan Rampak Kendang Hingga Kuliner GratisFoto: Dadang Hermansyah
Setelah selesai rapat paripurna sekitar pukul 11.00 WIB, kegiatan promosi produksi pedagang kaki lima atau jajanan gratis dibuka oleh Bupati Herdiat. Ribuan warga yang telah menunggu sejak pagi langsung diberi 5 kupon oleh panitia untuk ditukar dengan jajanan gratis.

Jajan gratis yang disajikan sebanyak 6.880 porsi itu terdiri dari aneka kuliner khas Ciamis dari 141 PKL. Berbagai jenis kuliner yang disuguhkan antara lain pisang aroma, getuk, molen, cakue, cimol, bubur sumsum, serabi manis, rakicak, kolek, batagor hingga aneka macam minuman.
Hari Jadi Ciamis Dimeriahkan Rampak Kendang Hingga Kuliner GratisFoto: Dadang Hermansyah
Jajanan gratis ini merupakan agenda tahunan yang sangat dinanti-nanti masyarakat. Meski harus menunggu hingga berjam-jam dan berdesak-desakan, warga rela antre untuk mendapatkannya. Acara ini digelar oleh Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Ciamis.

Seorang pedagang serabi manis, Tati Hartati, mengaku senang setiap hari jadi ia selalu dilibatkan. Untuk kali ini ia hanya membawa 40 porsi surabi manis, sesuai ketentuan panitia.

"Alhamdulillah diajak lagi di acara jajan gratis di hari jadi Ciamis. Harapannya Ciamis ke depan semakin maju semakin baik, ekonomi semakin baik dan sejahtera," ucapnya.
Hari Jadi Ciamis Dimeriahkan Rampak Kendang Hingga Kuliner GratisFoto: Dadang Hermansyah
Salah seorang warga, Yani Mulyani, mengatakan setiap tahun kegiatan jajanan gratis selalu ditunggu-tunggu. Meski yang didapat dari jajanan gratis ini hanya beberapa jenis makanan saja namun ia mengaku senang.

"Lumayan jajanan gratis, bedanya kalau tahun lalu itu antrenya tidak lama karena langsung dimulai. Tapi sekarang tunggu dimulainya lama, jam 11.00 WIB baru dimulai, padahal tadi nunggunya jam 8," ucap warga Banagara ini.


Kasi Distribusi Barang dan Perlindungan Konsumen Dini Kusliani mengatakan dengan jajanan gratis ini sebagai upaya dalam memberdayakan para PKL sebagai binaan dari Dinas Perdagangan.

"Animo masyarakat sangat baik ikut serta di jajan gratis ini. Untuk jumlah jajanan dan PKL yang dilibatkan masih tetap seperti tahun sebelumnya. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih banyak lagi PKL yang dilibatkan," ujar Dini.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed