detikNews
Rabu 12 Juni 2019, 11:58 WIB

Aksi Ajat Tangkap Ular Sanca 3 Meter Gegerkan Warga Padalarang

Yudha Maulana - detikNews
Aksi Ajat Tangkap Ular Sanca 3 Meter Gegerkan Warga Padalarang Ajat tangkap ular sanca kembang. (Foto: istimewa)
Bandung Barat - Penangkapan ular sanca kembang sepanjang tiga meter menggegerkan warga Kampung Kotaluhur, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (12/6/2019) pagi. Ular itu muncul dari danau galian yang berada di samping pemukiman warga.

"Ada ular besar, ada ular besar, begitu teriak warga dan pemancing tadi pagi," kata Ajat Sudrajat (69), warga yang menangkap ular sanca tersebut, saat ditemui detikcom di rumahnya.

Ajat sigap keluar rumah yang berada di samping danau. Lalu ia berupaya menyeret ular itu keluar dari air. Aksinya tersebut menjadi tontonan warga dan pemancing yang berada di sekitar lokasi penangkapan.

"Saya bukannya sesumbar sama ular, tapi dulu saya pernah punya pengalaman menangani ular saat bekerja di Jakarta," ucapnya.

Dilihat dari video penangkapan, Ajat mengangkat perut reptil tersebut untuk menangkapnya. "Mancing mania dapat ular," ucap warga dalam video tersebut.

"Kalau saya ambil kepalanya, biasanya ular suka berontak, tapi juga saya dibantu sama warga," kata Ajat menambahkan.

Aksi Berani Warga Tangkap Ular Sanca Kembang PadalarangUlar sanca yang ditangkap warga Padalarang ini memiliki panjang tiga meter. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Menurut Ajat, ular tersebut telah ia pantau sejak tiga bulan terakhir. Mulanya, hewan melata ini berada di sebuah lubang besar dekat sebuah pancuran air.

"Awalnya kelihatan ekornya saja, tapi enggak saya tarik. Kalau ditarik nanti dia (ular) berontak," ujarnya.

Kini ular tersebut Ajat simpan di dalam sebuah karung yang dimasukkan ke ember. Ia berencana menyimpan ular di rumahnya untuk sementara waktu. Warga yang penasaran lalu mengukur panjang sanca kembang itu. Panjang tubuh ularnya mencapai tiga meter.

"Ada mitos di sini, kalau ular jangan dibunuh langsung, dulu kata leluhur ada ular hitam yang dibunuh, lalu digantungkan di pohon berenuk, katanya ular tersebut hidup lagi. Tapi kalau sanca kayaknya enggak," tutur Ajat.



Tonton video 14 Ular Sanca Lepas Akibat Meluapnya Sungai Cikeas:

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed