detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 16:15 WIB

Dua Pasar Kebakaran, Ridwan Kamil Sentil Wali Kota Bandung

Mukhlis Dinillah - detikNews
Dua Pasar Kebakaran, Ridwan Kamil Sentil Wali Kota Bandung Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyentil Wali Kota Bandung Oded M Danial terkait kebakaran dua pasar yang terjadi dalam sebulan terakhir. Ia meminta Oded untuk mengecek kondisi pasar di Kota Bandung agar kejadian sama tak terulang.

Hal itu dikatakan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, saat memberikan sambutan dalam acara Halal Bihalal dengan seluruh kepala daerah di Jabar di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (11/6/2019). Terlihat hadir juga Mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kapolda Jabar Rudi Safriadi, dan mantan Pj Gubernur Jabar M Iriawan.

Awalnya Emil mendoakan Oded agar selalu sehat. Diketahui, saat lebaran Oded sempat jatuh sakit bahkan dirawat di RS.

"Alhamdulillah saya lihat Pak Oded Wali Kota Bandung bisa hadir. Kemarin saya datang ke rumah sakit di hari Lebaran, alhamdulilah sudah sehat lagi. Harus sehat Pak Oded, karena dibutuhkan rakyat Bandung. Ngan titip pasar tong kahuruan wae (tolong titip pasar jangan sampai kebakaran terus). Tolong dicek," kata Emil.

Emil berpesan agar Oded mengecek instalasi listrik pasar yang biasanya menjadi penyebab kebakaran.

"Cuma mengingatkan kalau beruntun waktu dekat berarti jangan-jangan sistemik. Jadi saya titip saja agar PD pasar dan Pemkot Bandung mengecek semua yang sisanya di luar pasar Kosambi dan Ujungberung," ungkap dia.

Menurutnya kebakaran bisa menyebabkan ekonomi kerakyatan juga terganggu.

"Karena hasil penelitian kebakaran itu diduga kualitas kelistrikan dari kabel dan instalasi kualitasnya rendah sehingga kena konslet sedikit mudah terbakar. Akibatnya ekonomi rakyat kan terganggu," ujar Emil.

Di samping itu, dalam halal bihalal tahun ini Emil berpesan untuk melupakan semua perbedaan. Sebab, bulan Syawal menjadi waktu paling tepat merekatkan persaudaraan dengan sesama umat manusia.

"Jadi, di bulan Syawal ini, lupakan perbedaan-perbedaan duniawi. Kita cari kesamaan spiritualitas yang menjadikan kita muslim dan mukmin yang baik," ucapnya.

Selain itu, momentum silaturahmi ini juga harus menjadi ajang merekatkan persatuan. Jangan lagi ada pihak-pihak yang justru sibuk mencari perbedaan.

"Jangan suka hobi mencari perbedaan karena pasti ketemu, cari-lah persamaan untuk menguatkan ukhuwah," kata Emil.

Seperti diketahui, dua pasar di Kota Bandung yaitu Kosambi dan Ujungberung terbakar dalam satu bulan terakhir. Kerugian Pasar Kosambi yang kebakaran saat bulan puasa lalu mencapai Rp 20 miliar. Sementara Pasar Ujungberung yang terbakar Minggu (9/6/2019) malam, masih didata. Tercatat 88 kios resmi yang terbakar, belum termasuk kios ilegal di depan pasar.



(mud/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed