detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 15:17 WIB

Tugu 'Garut Kota Dodol' Disoal Warga, Bupati: Enggak Ada Masalah

Hakim Ghani - detikNews
Tugu Garut Kota Dodol Disoal Warga, Bupati: Enggak Ada Masalah Tugu 'Garut Kota Dodol' menjadi pro dan kontra warganet. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Tugu selamat datang di Kabupaten Garut disoal oleh warga. Warga 'protes' karena tugu dengan tulisan 'Selamat Datang di Kota Dodol' yang terpasang di Bundaran Alun-alun Tarogong, Kabupaten Garut, tersebut kurang pas.

Tugu tersebut dapat terlihat jelas saat melintas di Jalan Otto Iskandar Dinata, Tarogong Kaler, yang jadi gerbang masuk perkotaan Garut via Bandung. Tugu tersebut dibangun pada akhir bulan Mei 2019 dan mulai tegak berdiri awal Juni.


Pro dan kontra itu ramai dibicarakan oleh warganet. Banyak masyarakat yang menyayangkan dengan berdirinya tugu tersebut. Sebab 'Kota Dodol' dinilai kurang elok didengar.

"Jogja terkenal gudegnya gak disebut kota gudeg, peyeum khas Bandung gak disebut kota peyeum.. asa ingin kota intan aja aku mah...ini mah aku ya...," ujar pemilik akun @riaapr30 saat berkomentar mengenai masalah ini yang diunggah akun Instagram @garutupdate_

Unggahan permasalahan tersebut di akun @garutupdate_ mendapat banyak komentar kurang setuju dari warganet. Kebanyakan warganet lebih memilih slogan Garut Kota Intan yang biasa terdengar. Namun, tak sedikit juga warga yang setuju.

"INTAN= Indah Tertib Aman Nyaman... Masih cocok kitu disebatkeun kanggo kota Garut? INDAH'na TOS kurang dari seueur sampah & tikud... TERTIB... asa pabaliut dina masalah tata kota Magelang misalnya pkl & parkir," ujar akun @budzor_bass dalam unggahan tersebut.
Tugu 'Garut Kota Dodol' Disoal Warga, Bupati: Enggak Ada MasalahFoto: Hakim Ghani
Permasalahan tersebut ditanggapi santai Bupati Garut Rudy Gunawan. Rudy menyebut hal itu tidak jadi masalah. Slogan Kota Dodol bisa dipasang di wilayah perbatasan.

"Enggak ada masalah. Garut itu bisa kota dodol, kota jeruk, kota domba dan lainnya. Tagline visi Garut itu adalah Garut Pangirutan, Tata, Tengtrem, Kerta Raharja," ujar Rudy kepada wartawan, Selasa (11/6/2019).

"Ada akronim seperti Bandung Berhiber singkatan dari bersih, hijau, berbunga itu kan hanya slogan Bandung. Garut Kota Intan, Intan itu singkatan indah tertib, aman dan nyaman. Jadi tidak ada masalah," ujar Rudy menambahkan.


Meski begitu, hadirnya slogan Garut Kota Dodol tersebut menarik perhatian sejumlah pemudik dan wisatawan yang berkunjung ke Garut belakangan ini.

Banyak wisatawan dan pemudik yang memanfaatkan tampilan baru tersebut jadi wahana berswafoto.



Tonton juga video Sambut Idul Fitri, Bupati Garut: Pemilu Usai, Saatnya Gotong Royong:

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com