Bupati Garut: BPK Catat Kerugian Rp 1,8 Miliar dari 30 Proyek

Hakim Ghani - detikNews
Selasa, 11 Jun 2019 14:41 WIB
Bupati Garut Rudy Gunawan (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menemukan adanya kerugian negara dalam sejumlah proyek pembangunan di Kabupaten Garut. Hal itu diungkapkan Bupati Garut Rudy Gunawan.

"BPK mencatat ada kerugian Rp 1,8 miliar dari 30 proyek di beberapa dinas," ujar Rudy di kantornya, Jalan Pembangunan, Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat, Selasa (11/6/2019).

Rudy menyebut BPK memeriksa berkas dan fisik di lapangan dalam seluruh proyek pembangunan Pemkab Garut tahun 2018. Hasilnya, BPK menemukan indikasi kerugian negara dalam 30 proyek pembangunan Pemkab Garut. Salah satunya adalah proyek pembangunan Pasal Leles.

Pasar Leles hingga kini mangkrak karena tidak dituntaskan oleh pemborong sehingga harus mengembalikan uang proyek itu. "Dari nilai Rp 26 miliar, ada kerugian negara Rp 670 juta lebih. Itu ditambah denda, jadi kurang lebih Rp 800 juta. Itu harus dikembalikan dalam waktu 60 hari," tuturnya.

Selain proyek pasar, Rudy mengaku kecewa dengan pembangunan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Ia mengatakan 100 persen pembangunan Puskesmas di Garut gagal.

"Puskesmas itu enggak benar semua. Saya keliling ke daerah, Puskesmas hampir semuanya enggak bener. Silakan diperiksa BPK," ucap Rudy.



Tonton juga video Sambut Idul Fitri, Bupati Garut: Pemilu Usai, Saatnya Gotong Royong:

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)