detikNews
Selasa 11 Juni 2019, 10:40 WIB

Selasa Siang, Kendaraan Masih Terjebak Macet di GT Cikampek Utama

Dian Firmansyah - detikNews
Selasa Siang, Kendaraan Masih Terjebak Macet di GT Cikampek Utama Kemacetan masih terlihat di GT Cikampek Utama. (Foto: Dian Firmansyah/detikcom)
Purwakarta - Situasi arus lalu lintas di Tol Cikampek kembali mengalami kemacetan panjang pada Selasa (11/6/2019) pagi hingga siang ini. Bahkan kemacetan terjadi di kedua arah, baik Jateng menuju Jakarta atau sebaliknya.

Sodikin, pemudik asal Gombong yang akan pulang ke Jakarta mengaku sudah terjebak kemacetan di beberapa titik sepanjang jalan Tol Trans Jawa.

"Dari gombong mau ke Jakarta macet banget dari Wangon, parah. Dari sini terjebak macet, tiap-tiap rest area macet," ujar Sodikin saat ditemui di tengah kemacetan sekitar GT Cikampek Utama.


Menurut Sodikin, jika di tempuh di arus lalu lintas normal hanya memakan waktu sekitar enam jam. Namun saat ini ia sudah menghabiskan waktu hampir 13 jam, dan itu pun baru sampai wilayah Purwakarta.

"Kalau tidak masuk ke jalur contraflow parah banget. Ini sudah jalan selama 13 jam dari sana (Gombong), kalau normalnya 6 jam sampai Jakarta," katanya.

Ia sengaja melakukan perjalanan arus balik pada hari ini karena baru masuk kerja pada Rabu besok.


Pantauan detikcom, antrean dan kemacetan kendaraan terjadi di sekitar GT Cikampek Utama Km 70, Purwakarta. Di titik ini kendaraan kedua arah cenderung tidak bergerak, hanya sesekali berjalan kemudian kembali berhenti.

Kemacetan di arah Jateng menuju Jakarta terus mengular dari ruas jalan Tol Cikampek ke GT Cikampek Utama dan tembus hingga ke Tol Cipali. Sedangkan dari arah Jakarta menuju Jateng kemacetan tembus hingga ke wilayah Bekasi.

Kondisi kemacetan parah pun di ungkapkan oleh Dian pemudik dari Boyolali menuju Tangerang. Ia sudah melakukan perjalanan dua kali lipat dari waktu normal.

"Macet parah, masuk Palimanan sudah macet. Saya berangkat jam 11 malam sudah macet, tadi subuh lancar, macet lagi. Boyolali jam 4 sore, biasanya 10 jam sampai tujuan. Ini sudah hampir 18 jam belum sampai," ucap Dian yang ditemui saat menunggu antrean di GT Cikampek Utama.
Selasa Siang, Kendaraan Masih Terjebak Macet di GT Cikampek UtamaFoto: Dian Firmansyah
Pihak kepolisian sudah melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas mulai dari contraflow dan pengalihan. Namun hingga Selasa siang ini kemacetan di kedua arah masih belum terurai.



Tonton juga video Relawan ASDP Ketapang Bantu Kelancaran Pemudik:

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed