Kebakaran Pasar Kosambi Bandung Telan Kerugian Rp 20 Miliar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 10 Jun 2019 12:42 WIB
Petugas memadamkan api yang membakar Pasar Kosambi Bandung (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Pasar Kosambi sempat mengalami kebakaran hebat pada Ramadhan 2019. Pemerintah Kota Bandung mengungkap total kerugian akibat kebakaran tersebut.

"Pasar Kosambi kerugiannya sampai Rp 20 miliar," ucap Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat ditemui di Pasar Ujungberung Bandung, Senin (10/6/2019).


Yana mengatakan jumlah tersebut didapat dari hasil pendataan yang dilakukan oleh PD Pasar Bermartabat yang mengelola pasar-pasar di Bandung. PD Pasar, melakukan pendataan terhadap pedagang yang kiosnya menjadi korban kebakaran.

Menurut Yana, jumlah pedagang yang terdampak akibat kebakaran itu mencapai ratusan pedagang. Pedagang dari mulai pedagang sayuran basah hingga oleh-oleh.

"Itu dari 172 kios. Total kerugiannya Rp 20 miliar," kata Yana.


Sekadar diketahui, kebakaran hebat melanda Pasar Kosambi sejak Sabtu (18/5) malam. Api berhasil dipadamkan setelah 40 jam membakar pasar tersebut.

Akibat kebakaran tersebut, sejumlah pedagang direlokasi. Pedagang untuk sementara mendirikan kios semi permanen di halaman pasar yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani itu. (dir/bbn)