detikNews
Senin 10 Juni 2019, 10:25 WIB

Telat Apel Usai Lebaran, PNS Antre di Gerbang Pemkot Cimahi

Yudha Maulana - detikNews
Telat Apel Usai Lebaran, PNS Antre di Gerbang Pemkot Cimahi Para PNS yang telat apel ini mengantre di gerbang kantor Pemkot Cimahi. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi - Puluhan pegawai negeri sipil (PNS) mengantre masuk gerbang area perkantoran Pemkot Cimahi. Mereka tertahan karena kesiangan mengikuti apel pagi pascalibur Lebaran 2019.

Pantauan detikcom, Senin (10/6/2019) pagi, antrean kendaraan abdi negara itu mengular dari gerbang Pemkot Cimahi hingga Jalan Demang Hardjakusumah. Sementara itu, gerbang masuk Pemkot tertutup rapat dan dijaga oleh petugas keamanan.

Kendati demikian, tampak PNS Pemkot Cimahi ini bersalaman satu sama lainnya. Sedangkan, beberapa lainnya tampak mengobrol di area taman yang berada di dekat gedung Pemkot Cimahi. Beberapa lainnya mencoba masuk melalui pintu kecil yang berada di samping gerbang.


Deru mesin kendaraan PNS terdengar ramai begitu gerbang pemkot dibuka pada pukul 08.15 WIB. Dibukanya gerbang menandakan apel pertama usai libur Lebaran telah berakhir.

Walikota Cimahi Ajay M Priatna mengklaim tingkat kehadiran ASN di angka 97 persen. "Kalau tingkat kehadiran, 97 persen hadir. Sesuai yang kami imbau sebelumnya, alhamdulillah semua pejabat utama hadir semua," ujar Ajay.

Kepala Badan Pengelola Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD) Ahmad Saefulloh mengatakan di hari pertama ini ada 65 ASN yang tak hadir.

"Sesudah ini, kita akan klasifikasikan dulu mana yang cuti, sakit, dinas luar dan yang tanpa kehadiran," kata Ahmad.


Soal sanksi bagi ASN yang tak hadir, pihaknya akan mengklasifikasikan terlebih dahulu alasan ketidakhadirannya. Ia akan tetap mengacu pada Permenpan RB Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

"Yang jelas, kalau hadir tanpa alasan itu jelas sanksinya ada pemotongan TKD (tunjangan kinerja daerah). Makannya kita akan kualifikasi dulu faktualnya," ucap Ahmad.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com