53 Wisatawan Tersengat Ubur-ubur di Palabuhanratu

Syahdan Alamsyah - detikNews
Minggu, 09 Jun 2019 16:36 WIB
Petugas PMI mengobati wisatawan yang tersengat ubur-ubur di kawasan Palabuhanratu Sukabumi. (Foto: istimewa)
Sukabumi - Ubur-ubur menyengat puluhan wisatawan yang memanfaatkan libur Lebaran 2019 di Pantai Istiqomah, Teluk Palabuhanratu, Sukabumi. Para korbannya kebanyakan tengah berenang di sekitar kawasan pantai tersebut. Tim medis sigap memberikan pengobatan.

Sengatan ubur-ubur jenis "Pulus Jalatrong" itu menempel dan menyengat wisatawan, mayoritas korbannya adalah anak-anak. Sejumlah relawan dan petugas lifeguard mengimbau wisatawan untuk tidak berenang di kawasan pantai.

"Sengatannya terasa gatal, ketika digaruk malah bikin pedih. Tadi diobati oleh petugas medis, baru rasa sakitnya mereda," kata Deni, salah seorang pengunjung pantai, kepada detikcom, Minggu (9/6/2019).

Tim Medis Puskesmas Palabuhanratu Tatang Sutarman mengatakan kejadian serangan ubur-ubur yang paling banyak terjadi siang tadi atau sekitar pukul 12.30 WIB. Pengunjung yang tersengat ubur-ubur itu mendatangi Posko Kesehatan yang berada di dekat tempat kejadian.

"Total (hari ini) korban mencapai 53 orang, mereka mengeluh tersengat di bagian punggung, tangan ada juga di sebagian wajah. Sudah kita beti pengobatan ringan," ucap Tatang.

Efek yang dirasakan korban yang terkena sengatan yakni gatal-gatal dan mengaku badannya terasa panas. Petugas menyarankan mereka agar tidak menggaruk bagian tubuh yang disengat hewan tersebut.

"Tanda-tanda ada ruam kulit disertai tanda bentol. Ada juga yang sesak napas, kita tangani semua sejak pagi tadi. Kita imbau kalau melihat hewan itu menjauh dan jangan dipegang," tutur Tatang.

Catatan detikcom, total seluruh korban yang terkena sengatan ubur-ubur hingga hari ini berjumlah 64 orang. Sebelumnya, 11 orang terkena sengatan ubur-ubur pada Sabtu (8/6) kemarin.

Polisi, relawan lifeguard Balawista, petugas PMI dan medis mengimbau wisatawan untuk tidak berenang di kawasan yang memang sudah diberi tanda rawan keberadaan ubur-ubur. (sya/bbn)