detikNews
Minggu 09 Juni 2019, 10:55 WIB

Pedagang Golok Asal Garut 'Serbu' Pantai Pangandaran

Andi Nurroni - detikNews
Pedagang Golok Asal Garut Serbu Pantai Pangandaran Para pedagang golok asal Garut menjajakan dagangannya di kawasan wisata Pantai Pangandaraan saat libur Lebaran 2109. (Foto: Andi Nurroni/detikcom)
Pangandaran - Libur Lebaran di Pantai Pangandaran, Jawa Barat, selalu 'diserbu' para pedagang dari luar daerah. Salah satu yang tidak pernah absen ialah para pedagang golok asal Garut.

Engkan (45), salah seorang pedagang golok asal Cilawu, Garut menceritakan, dirinya sudah 15 tahun rutin berjualan di area Pantai Pangandaran setiap libur Lebaran. Ia mengaku biasa datang bersama teman-temannya sesama pedagang golok.


Musim Lebaran ini, menurut Engkan, ada sekitar 60 pedagang golok asal Garut yang datang mengadu nasib. Para pedagang, menurut dia, berpencar mencari pembeli sejak pagi, mulai dari kawasan pantai hingga penginapan-penginapan.

"Tahun ini (penjualan) agak menurun, tapi Alhamdulillah ada," ujar ayah lima anak ini kepada detikcom, Minggu (9/6/2019).

Di Pangandaran, kata Engkan, ia dan teman-teman biasa tidur di emper-emper toko di sekitar kawasan wisata Pangandaran. Menurut dia, hal itu dilakukan untuk menghemat biaya hidup selama berjualan.

Engkan menjelaskan, produk yang ia bawa bermacam-macam senjata tajam dan perkakas. Mulai dari golok, pedang, samurai, sangkur, hingga pisau dapur. Sangkur impor, ia menjelaskan, dibanderol paling mahal, seharga Rp 250 ribu.

"Yang paling murah pisau, Rp 20 ribu," ucap Engkan.


Para pembeli, ia mengungkapkan, umumnya ialah kalangan wisatawan kelas menengah ke bawah. Menurut dia, perkakas semacam golok atau pedang sebagai hiasan memang digemari golongan masyarakat biasa.

Engkan dan teman-teman mengaku datang sejak hari H Lebaran. Sementara jadwal kepulangan sendiri, kata dia, disesuaikan dengan perkembangan situasi pengunjung.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed