Selama Libur Lebaran 8 Orang Nyaris Tenggelam di Palabuhanratu

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 08 Jun 2019 12:47 WIB
Suasana libur lebaran di Pantai Palabuhanratu, Sukabumi. (Foto: Istimewa)
Suasana libur lebaran di Pantai Palabuhanratu, Sukabumi. (Foto: Istimewa)
Sukabumi - Pantai Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, menjadi salah satu destinasi wisata favorit saat libur lebaran. Meningkatnya jumlah pengunjung, berimbas pada bahaya yang semakin mengancam.

Kepala Operasional dan SDM Balawista Kabupaten Sukabumi Asep Edom menyebut sudah ada delapan orang yang berhasil diselamatkan sepanjang libur lebaran di Pantai Palabuhanratu.

"Sampai sekitar pukul 11.00 WIB, Sabtu hari ini sudah ada sekitar 8 orang yang kami evakuasi dengan kondisi selamat. Kami tidak berhenti mengimbau kepada pengunjung untuk memperhatikan peringatan dari petugas demi keselamatan dan kenyamanan sepanjang bermain dan berenang di sepanjang pesisir teluk Palabuhanratu," ucap Asep, Sabtu (8/6/2019).


Paling baru adalah tiga remaja asal Ciomas, Bogor yang nyaris terseret ombak Pantai Citepus Palabuhanratu. Beruntung ketiganya berhasil diselamatkan oleh aparat gabungan.

Peristiwa itu bermula saat tiga korban masing-masing Mulyadi Lesmana, Fajar Sobirin dan Ridwan Romadhon berenang di lokasi kejadian. Saat itu, petugas Balawista dan kepolisian sempat mengimbau agar ketiganya tidak berenang terlalu ke tengah.

Namun peringatan itu diabaikan salah seorang korban yang tetap berenang ke tengah hingga akhirnya terseret ombak besar. Melihat korban terseret dua temannya berusaha memberikan pertolongan. Nahas keduanya malah ikut terbawa ombak.

"Melihat kejadian itu pengunjung yang lain berteriak minta tolong, anggota Balawista yang berada di lokasi berkoordinasi dengan anggota Satpolair langsung melakukan penyelamatan," kata Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi.


Sekitar 10 menit petugas berjibaku menggunakan papan seluncur dan peralatan standar penyelamatan. Satu per satu korban akhirnya diselamatkan. "Kondisi arus agak ke tengah sedikit memang kurang bersahabat," ujar Nasriadi.



Simak juga video Kapal Kandas, Ratusan Penumpang Dievakuasi:

[Gambas:Video 20detik]

(sya/tro)