detikNews
Jumat 07 Juni 2019, 11:59 WIB

Kendaraan dari Timur Arah Bandung-Jakarta Dialihkan ke Tol Cipali

Dadang Hermansyah - detikNews
Kendaraan dari Timur Arah Bandung-Jakarta Dialihkan ke Tol Cipali Kendaraan roda empat yang akan menuju Bandung-Jakarta diarahkan menuju Tol Cipali mulai dari Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis - Arus balik di jalur selatan Ciamis, Jawa Barat, mulai terasa. Kendaraan dari Jawa Tengah menuju Bandung dan Jakarta mulai melintas di wilayah Ciamis. Untuk menghindari penumpukan kendaraan di jalur Tasikmalaya-Garut, Polres Ciamis melakukan pengalihan arus.

Di Alun-alun Ciamis Jumat (7/6/2019) sampai pukul 11.15 WIB, polisi mengarahkan kendaraan roda empat yang menuju Bandung-Jakarta menuju Tol Cipali via jalur alternatif utara Ciamis, Kuningan, Majalengka dan Cirebon.


Pengalihan arus tersebut dilakukan sejak Jumat pagi. Karena kepadatan arus balik terjadi lebih cepat dari prediksi, ditambah bercampur dengan kendaraan warga yang liburan.

"Kami melakukan pengalihan arus, karena jalur Tasikmalaya-Garut padat," ujar Kasat Lantas Polres Ciamis AKP M Bima Gunawan via telepon.


Saat ini, kata Bima, anggota kepolisian terus melakukan pengaturan lalu lintas dan mengarahkan pengendara menuju Tol Cipali.

"Pengalihan arus antisipasi Limbangan sudah macet total dan ekor sudah di Malangbong. Untuk arah Bandung-Jakarta kita arahkan via Kawali- Cikijing- Gerbang Tol Sumberjaya Majalengka-Cipali," ucapnya.
Ciamis Padat, Kendaraan Arah Bandung-Jakarta Dialihkan ke Tol CipaliFoto: Dadang Hermansyah
Hal tersebut juga dibenarkan Sekretaris Dishub Ciamis Eddy Yulianto. Ia mengatakan pengalihan arus tersebut perlu dilakukan karena kemacetan di wilayah Nagreg cukup parah.

"Ya ada pengalihan arus, Nagreg sudah parah," ucapnya.

Eddy mengatakan berdasarkan data di Posko Pemantauan Arus Dishub Ciamis, kendaraan dari arah timur menuju barat sekitar 1.500 unit per jam. Sedangkan dari arah barat masih mendominasi 2.500 unit per jam. Hal itu terjadi karena banyaknya warga yang melakukan wisata. Jalur Ciamis selain jalur mudik juga merupakan jalur wisata menuju Pantai Pangandaran.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed