Warga Nagreg Ngamen Sambil Hibur Pengendara di Tengah Kemacetan

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 06 Jun 2019 22:55 WIB
Sejumlah warga Nagreg memanfaatkan macet untuk mengamen. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung - Sejumlah anak-anak warga Nagreg, Kabupaten Bandung, menghibur pemudik dengan cara mengamen di pinggir jalan. Hal tersebut mereka lakukan saat terjadi kemacetan di Jalur Nagreg, pada Kamis (6/6/2019).

Seperti yang terlihat di dekat Pos Induk Dishub Kabupaten Bandung tepatnya Depan Posko Radio Republik Indonesia (RRI) Jawa Barat. Mereka mengamen dengan membawa sejumlah alat musik. Bergantian mereka bernyanyi lagu-lagu hit pop dan dangdut.


Saat jalur sedang diterapkan one way oleh pihak kepolisian, mereka menepi ke pinggir jalan. One way selesai, mereka kembali ngamen. Para pengguna jalan memberikan saweran. Uang itu mereka kumpulkan ke dalam kardus bekas hingga terkumpul banyak.

Salah satu pengamen, Zein (25) mengatakan ngamen itu dilakukan demi memberi hiburan kepada para pemudik. "Kan mereka bete di dalam mobil, macet-macetan. Jadi kami hibur dengan melantunkan sejumlah lagu," ujar Zein.


Zein mengungkapkan, ngamen di jalur mudik itu sudah dilakukan sejak dulu dan kini menjadi warisan turun temurun. "Udah ada sejak dulu, ngamennya pas macet saja," katanya.

Zein tak menjelaskan, hingga kapan mereka berhenti mengamen. Menurutnya, kegiatan menghibur pemudik itu berhenti kalau lalu lintas sudah lancar.

"Iya uangnya kita kumpulkan, nanti digunakan butuh hiburan 17 Agustusan," ucapnya.
Warga Nagreg Ngamen Sambil Hibur Pengendara di Tengah KemacetanFoto: Wisma Putra
Sementara itu, salah satu pengguna jalan Indra (34) mengatakan dirinya merasa terhibur dengan kehadiran para pengamen itu.

"Terhibur sekali, setelah berjam-jam terjebak macet. Lumayan di titik ini mobil berhenti sekitar 5 menit, bisa dihibur oleh anak-anak yang ngamen," katanya. (tro/tro)