detikNews
Kamis 06 Juni 2019, 21:50 WIB

2 WNA Yaman Nyaris Tenggelam di Pantai Palabuhanratu Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
2 WNA Yaman Nyaris Tenggelam di Pantai Palabuhanratu Sukabumi 2 remaja WNA Yaman nyaris tenggelam di Pantai Palabuhanratu Sukabumi. (Foto: Istimewa)
Sukabumi - Dua orang remaja Warga Negara Asing (WNA) asal Yaman nyaris tenggelam di area Pantai Inna Samudera Beach Hotel (SBH) Palabuhanratu, Sukabumi. Beruntung, petugas keselamatan Balawista dibantu warga dan aparat kepolisian berhasil menyelamatkan keduanya.

Korban bernama Mohammad (16) dan Ahmad (13) diketahui berenang di sekitar lokasi sekitar pukul 16.00 WIB, Kamis (6/6/2019). Petugas yang berada di sekitar lokasi sudah memberikan peringatan agar keduanya tidak berenang di tepi pantai tersebut karena memang bukan tempat aman untuk berenang.

"Mereka tamu di hotel tersebut, sudah diperingatkan namun tetap berenang. Lokasinya berada di Pos 6 Hotel SBH, mereka sempat terseret arus hingga ke tengah," kata Asep Edom Safullah, Ketua Operasional dan SDM Balawista Sukabumi pada detikcom via sambungan telepon.


Petugas kemudian berusaha melakukan penyelamatan, keduanya akhirnya bisa diselamatkan dan dibawa ke tepian. "Alhamdulillah bisa kami selamatkan dan dievakuasi ke darat, sudah langsung diserahterimakan ke keluarganya," katanya.

Pasca kejadian tersebut hingga sekitar pukul 18.00 WIB, laporan dari 16 Pos yang tersebar di pesisir pantai situasi keamanan dilaporkan kondusif tidak ada lagi laporan kejadian kecelakaan laut.

"Kami imbau wisatawan agar naik ke darat dan tidak berenang di waktu terlarang karena air laut sudah mulai pasang dan antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan laut. Selain itu mohon perhatikan tanda larangan berenang dan dengarkan imbauan petugas di lapangan," ujarnya.


Asep mengatakan pihaknya sudah mengerahkan seluruh kekuatan personelnya untuk mengamankan wisatawan yang terus memadati objek wisata laut selatan ini. Dalam pengamanan ini selain memberikan imbauan kepada wisatawan, juga berkoordinasi dengan petugas penyelamat lainnya seperti Basarnas, Sarda, Polairud dan TNI.
(sya/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com