Aparat Sigap Bantu Dorong Mobil Mogok di Tanjakan Pantai Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 06 Jun 2019 21:37 WIB
Aparat dan warga sigap bantu mobil yang tak kuat menanjak saat menuju sejumlah pantai di Sukabumi. (Foto: Istimewa)
Sukabumi - Sejumlah kendaraan mendadak mogok saat melintasi tanjakan ekstrem menuju Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Beruntung aparat gabungan Polri, TNI dan warga sigap membantu mengganjal dan mendorong kendaraan tersebut.


Sedikitnya pada Kamis (6/6/2019) sore ada 5 kendaraan yang mogok dan dibantu oleh aparat di Tanjakan Dini, Desa Girimurti, Kecamatan Ciemas. Kendaraan mogok lantaran tak kuat menanjak.

"Sudah ada lima kendaraan yang mogok saat mencoba melintasi tanjakan di jalur tersebut, alhamdulillah tidak ada korban. Ada personel kita dibantu warga, relawan dan TNI yang standby di lokasi-lokasi tersebut," kata Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Galih Bayu.
Sigap! Aparat Bantu Dorong Mobil Mogok di Tanjakan Pantai SukabumiFoto: Istimewa
Selain di Tanjakan Dini, lokasi ekstrem lainnya adalah tanjakan di jalan alternatif Tenjo Ayu, tanjakan menuju pantai Cibangbang, Cisarakan dan Tanjakan Cikidang.

"Tips dari kami ketika akan melintasi tanjakan gunakan gigi rendah. Pastikan dulu posisi kendaraan dengan kendaraan lainnya cukup aman atau berikan jarak. Untuk kondisi mobil yang kurang baik bisa matikan mesin pendingin sebelum nanjak," ujar Galih.
Sigap! Aparat Bantu Dorong Mobil Mogok di Tanjakan Pantai SukabumiFoto: Istimewa
Sementara itu Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi menyebut anggotanya sudah standby di titik keramaian dan titik rawan sejak H-7 lebaran termasuk di ruas jalan turunan dan tanjakan ekstrem.

"Pos PAM kita ada 8, Pos Wisata ada 6, Pos Pantai ada 14, Pos Pelayanan ada 2 dan Pos Terpadu ada 1. Di tanjakan Cikidang ada anggota di Pos Pam yang memang khusus memandu pengendara yang mengalami mati mesin atau kesulitan saat melintasi tanjakan di sekitar lokasi," kata Nasriadi. (sya/tro)