Arus Balik, Polisi: Besok One Way Tol Kalikangkung Hingga Cikampek

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 06 Jun 2019 20:04 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Kepolisian memprediksi arus balik mulai terjadi pada Jumat 7 Juni besok. Sistem one way atau satu arah bakal diterapkan mulai KM 414 Kalikangkung, Tegal, hingga Km 70 Cikampek Utama.

"Besok tanggal 7 dengan jam yang sudah disepakati dari jam 12.00 hingga 24.00 WIB kita akan melakukan one way. Titik pergerakan dari KM 414 Kalikangkung hingga KM 70 Cikampek Utama," kata Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri kepada wartawan di Gerbang Tol Palimanan Cirebon, Kamis (6/6/2019).


Tak hanya rekayasa lalu lintas di ruas tol, Refdi mengatakan pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di ruas jalan menuju DKI Jakarta. Sebab Jakarta menjadi titik temu arus balik nanti.

"Manakala dibutuhkan karena kondisi lapangan dan volume kendaraan, kita akan contraflow pada ruas KM 70 seterusnya. Nanti sampai ke Cikarang Utama Km 9, bahkan sampai KM 0. Karena titik temunya Jakarta," beber Refdi.


Lebih lanjut, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi lain terkait rekayasa lalu lintas di dalam kota. Tak hanya itu, Refdi juga menjamin kelancaran arus lalu lintas di jalur pantura arah Jateng saat one way diberlakukan.

"Nanti arus dari arah Jakarta kita akan keluarkan dari Karawang Barat KM 47, Karawang Timur KM 54 dan Dawuan KM 67. Agar mereka leluasa bergerak di pantura menuju Jateng dan seterusnya," ucap Refdi.



Simak Juga 'Menhub Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran 8-9 Juni':

[Gambas:Video 20detik]

(tro/tro)