Gelar Open House, Sultan Cirebon Doakan Indonesia Selalu Damai

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 06 Jun 2019 16:07 WIB
Keraton Kasepuhan Cirebon menggelar open house. (Foto: Istimewa)
Cirebon - Sultan Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat menggelar open house atau silaturahmi bersama abdi dalam, masyarakat, pejabat, tokoh agama dan lainnya di ruangan Pringgondani Keraton Kasepuhan Cirebon. Pada momen itu, Arief menyampaikan pesan perdamaian untuk bangsa Indonesia.

Arief tak menampik kondisi Indonesia sempat tegang saat Pemilu 2019. Bahkan, terjadi kerusuhan pada 22 Mei lalu. Arief menginginkan kondisi bangsa Indonesia tetap damai dan rukun.

"Silaturahmi dengan semuanya, ada tokoh agama dari semua agama yang ada di Indonesia. Ada pejabat juga. Ini (silahturahmi) maknanya agar Indonesia pada momen lebaran hingga ke depannya lebih aman dan damai," kata Arief kepada detikcom, Kamis (6/6/2019).


Arief mendoakan kondisi pasca pemilu yang sempat tegang bisa kembali kondusif. Masyarakat Indonesia, kata dia, kembali saling menghargai tanpa melihat latar belakang pilihan politik. "Ya, habis pemilu sempat tegang sedikit. Mudah-mudahan cair lagi," katanya.
Gelar Open House, Sultan Cirebon Doakan Indonesia Selalu DamaiFoto: Istimewa
Lebih lanjut, Arief mengatakan tradisi open house di lingkungan Keraton Kasepuhan Cirebon saat lebaran sudah ada sejak era Sunan Gunung Jati. Bahkan, pada era Sunan Gunung Jati semua tokoh agama yang ada di Cirebon baik dari India, Arab, Tiongkok dan lainnya diundang untuk silaturahmi.

"Sejak eranya Sunan Gunung Jati berbagai agama hadir, oleh Sunan Gunung Jati dirangkul. Sehingga membentuk tradisi dan budaya sekarang, budaya Cirebon," kata Arief.



Simak Juga 'Gelar Open House, Walkot Cirebon Ingin Jalin Keharmonisan dengan Warga':

[Gambas:Video 20detik]

(tro/tro)