detikNews
Selasa 04 Juni 2019, 13:24 WIB

Pedagang Bunga Musiman di Cimahi Raup Untung Jelang Lebaran

Yudha Maulana - detikNews
Pedagang Bunga Musiman di Cimahi Raup Untung Jelang Lebaran Pedagang bunga musiman di Cimahi mengadu nasib jelang lebaran. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi - Para pedagang bunga musiman mulai bermunculan jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H di Kota Cimahi. Seperti yang terlihat di sepanjang Jalan Demang Harjakusumah pada Selasa (4/6/2019) siang.


Apen (40), salah seorang pedagang bunga mengatakan bisa menjual puluhan hingga ratusan tangkai bunga setiap harinya. Ia menjual jenis bunga seperti mawar, baby dan sedap malam.

"Bunga sedap malam yang paling laku, bunga ini munculnya musiman. Kalau yang lain seperti mawar setiap hari juga ada," kata Apen yang sehari-hari bekerja sebagai kuli bangunan itu.
Pedagang Bunga Musiman di Cimahi Raup Untung Jelang LebaranFoto: Yudha Maulana
Satu tangkai bunga sedap malam ia jual dengan harga Rp 10 ribu, sementara bunga mawar Rp 5.000-10 ribu per tiga tangkai tergantung panjang dan keindahan kelopak bunga.

"Kalau penghasilannya ya lumayan lah, cukup untuk lebaran. Biasanya menjelang tengah malam suka banyak yang beli bunganya," katanya.
Pedagang Bunga Musiman di Cimahi Raup Untung Jelang LebaranFoto: Yudha Maulana
Apen mengaku baru tiga tahun terakhir menjalani profesi sebagai penjual bunga dadakan. Menurutnya, teman sekampungnya di Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), juga ikut menjual bunga di jalan.

"Mengambil bunganya memang dari Parongpong juga, ada yang jualan di Bandung, Cimahi," katanya.
Pedagang Bunga Musiman di Cimahi Raup Untung Jelang LebaranFoto: Yudha Maulana
Rudi Permana (30), pedagang bunga lainnya, mengaku menjual bunga sedap malam Rp 15 ribu per dua tangkai. "Alhamdulillah banyak yang beli, saya jualan dari subuh tadi," ujarnya.

Salah seorang konsumen, Lina (22), warga Cimahi mengatakan biasanya ia membeli bunga dari wilayah Cihanjuang, KBB. "Di sana stoknya habis, makanya cari ke Cimahi, cuma harganya lebih mahal kalau mau lebaran," katanya.



Tonton video Warga di Desa Suger Kidul Jember Salat Idul Fitri Hari Ini:

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com