detikNews
Senin 03 Juni 2019, 12:04 WIB

Kemenag Tasikmalaya Pantau Hilal 1 Syawal di Pantai Cipatujah

Deden Rahadian - detikNews
Kemenag Tasikmalaya Pantau Hilal 1 Syawal di Pantai Cipatujah Pengamatan hilal di Pantai Cipatujah Tasikmalaya ini dilakukan dengan menggunakan teleskop. (Foto: Deden Rahadian/detikcom)
Tasikmalaya - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya menggelar rukyatul hilal di Pantai Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat, untuk menentukan 1 Syawal 1440 H atau Idul Fitri. Sejumlah elemen masyarakat, Baznas, ormas keagamaan, Dewan Masjid Indonesia serta tenaga ahli dilibatkan Kemenag Kabupaten Tasikmalaya.

"Kemenag Tasikmalaya gelar rukyatul hilal di Pantai Cipatujah untuk tentukan satu syawal. Sesuai surat edaran, kita hari ini Senin pantauannya," ujar Kepala Kemenag Kabupaten Tasikmalaya ujar Usep Saepudin, Senin (3/6/2019).

Pengamatan hilal dilakukan dengan menggunakan teleskop canggih. Selain lebih praktis, penggunaan teleskop nonmanual dapat menghasilkan penglihatan hilal yang akurat.


Terdapat dua metode dalam menentukan awal bulan di tahun hijriah. Selain metode rukyat, metode hisab juga ditempuh untuk tentukan awal bulan.

"Metode itu ada falaqiah atau hisab, ada juga metode rukyatul hilal. Alhamdulillah ini teropongnya canggih," kata Usep.

Hasil pemantauan hilal di pantai selatan ini akan dilaporkan untuk dijadikan salah satu bahan penentuan awal tahun hijriah. Rukyatul hilal di selatan Jawa Barat digelar di pantai Palabuhanratu Sukabumi, Pantai Santolo Garut, Pantau Cipatujah Tasikmalaya dan Gunung Babakan Banjar.


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com