detikNews
Sabtu 01 Juni 2019, 19:10 WIB

Jelang Lebaran, Penumpang Lokal di Stasiun Padalarang Naik 2 Kali Lipat

Yudha Maulana - detikNews
Jelang Lebaran, Penumpang Lokal di Stasiun Padalarang Naik 2 Kali Lipat Foto: Rengga Sancaya
Bandung Barat - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, jumlah penumpang di Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat melonjak tajam. Peningkatan jumlah penumpang ini naik hingga 100 persen sejak 26 Mei 2019 lalu.

Kepala Stasiun Padalarang Erwin Kurniawan mengatakan sejauh ini penumpang merupakan warga lokal yang melakukan perjalanan pendek. Pasalnya, tidak ada rute jarak jauh lintas provinsi di stasiun tersebut.

"Hanya lokalan saja, kebanyakan tujuannya ke Bandung, Cicalengka, Purwakarta dan Cibatu, Garut, kita berangkatkan dengan 20 pemberangkayan dari pukul 05.25 hingga 00.35," kata Erwin saat ditemui di ruangan kerjanya, Sabtu (1/6/2019).

Di luar Ramadhan, stasiun kereta ini memberangkatkan 2.000 penumpang per hari. Namun mendekati perayaan hari raya jumlah penumpang melonjak hingga 4.000 penumpang per hari. "Tujuannya itu mungkin untuk belanja ke Bandung, untuk persiapan lebaran, hal ini rutin terjadi setiap tahun," ucapnya.

Kendati demikian, ia tak memungkiri ada segelintir pemudik yang naik dari Stasiun Padalarang. Pemudik itu biasanya turun di Stasiun Cimahi, Kota Bandung atau pun Kiaracondong untuk melanjutkan perjalanan dengan kereta yang lainnya.

Erwin mengatakan, lonjakan penumpang biasanya kembali terjadi pada H+2 lebaran. Ketika itu penumpang memanfaatkan momen tersebut untuk berlibur. Pada momen itu, jumlah penumpang bisa mencapai 6.000 orang perhari.

"Kalau sekarang sih jumlah penumpang yang datang dan pergi seimbang, misal 2.000 orang berangkat pada pagi hari, sore harinya juga jumlahnya sama 2.000," katanya.


Simak Juga 'Pemudik Membludak di Stasiun Gambir':

[Gambas:Video 20detik]


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com