detikNews
Sabtu 01 Juni 2019, 15:09 WIB

Polres Sukabumi Gelar Simulasi Evakuasi di Pusat Perbelanjaan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Polres Sukabumi Gelar Simulasi Evakuasi di Pusat Perbelanjaan Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Polres Sukabumi menggelar simulasi evakuasi darurat di sejumlah titik pusat belanja di Jalan Ahmad Yani, Kota Sukabumi, Sabtu (1/6/2019).

"Kita fokuskan di jalan yang memang ramai khususnya di lokasi perniagaan, membiasakan para pelaku usaha, pengunjung sampai tukang parkir mengerti ketika mendengar suara ambulans, kendaraan pemadam dan patroli polisi bagaimana dan apa yang mereka lakukan," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo, Sabtu (1/5/2019).

Susatyo mencontohkan, ketika terjadi kebakaran di lokasi yang padat pengunjung dan kendaraan. Polisi, ambulans dan pemadam kebakaran adalah kendaraan yang harus mendapat prioritas utama mendapatkan akses ke lokasi kejadian.

Anggota patroli lalu lintas dibantu Dinas Perhubungan yang bersiaga di jalan raya bergerak membuka akses jalan.

"Personel yang di jalan raya otomatis melakukan rekayasa lalu lintas, membuka jalan, tidak hanya kepolisian atau Dishub tapi tukang parkir juga kita berikan pengertian apa yang harus dilakukan ketika ada kejadian darurat misalkan kebakaran," jelas Susatyo.

Simulasi tersebut telah digelar selama dua hari dan akan dilakukan setiap 3 jam sekali.

"Utamakan jangan panik, hubungi petugas kepolisian terdekat. Seluruh anggota kepolisian kita sebar, ada Pos Pam terdekat silahkan laporkan. Nanti anggota gabungan akan melakukan penanganan," tandas dia.
(sya/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com