detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 14:50 WIB

Jumlah Pemudik di Bandara Husein Sastranegara Turun

Mochamad Solehudin - detikNews
Jumlah Pemudik di Bandara Husein Sastranegara Turun Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Jumlah pemudik di Bandara Husein Sastranegara Bandung diprediksi turun. Berdasarkan data di posko pemantauan pada H-6, jumlah penumpang mengalami penurunan mencapai 8,42 persen dibanding momen mudik 2018 lalu.

Menurut petugas posko pemantauan mudik Bandara Husein Sastranegara Heru Trimulyono jumlah pemudik di Bandara Husein memang mengalami penurunan bila dibandingkan dengan tahun lalu. Harga tiket yang mahal dan mulai beroperasinya ruas jalan tol baru diduga menjadi salah satu penyebab turunnya jumlah pemudik tersebut.

"Ya kalau dibandingkan tahun lalu memang turun. Mungkin karena tiket mahal dan banyak tol baru membuat pemudik lebih memilih jalur darat," katanya, saat ditemui di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jumat (31/5/2019).

Jumlah Pemudik di Bandara Husein Sastranegara Turun Foto: Mochamad Solehudin

Berdasarkan data yang ada, dia mengungkapkan, sejak H-7 Lebaran 2019 jumlah pemudik masih relatif normal. Pada hari tersebut tercatat ada sebanyak 8.542 pemudik atau penumpang yang pergi dan tiba di Bandung melalui Bandara Husein. Jumlah itu turun sebesar 0,28 persen dibanding tahun lalu sebanyak 10.214 orang.

Sementara pada hari Kamis (30/6) atau H-6 tercatat ada sebanyak 9.045 penumpang yang pergi dan tiba di Bandung melalui Bandara Husein. Jumlah itu turun sebesar 8,48 persen dibanding tahun lalu sebanyak 10.066 orang penumpang.

"Kalau dilihat memang mengalami penurunan. Kemarin di H-6 jumlah penumpang turun 8,48 persen," ucapnya.

Sementara untuk puncak arus mudik, pihaknya memprediksi akan terjadi pada Sabtu (1/6) dan Minggu (2/6) H-4 atau H-3 Lebaran dengan jumlah penumpang mencapai 12 ribu orang. Pasalnya pada hari tersebut para pekerja swasta dan PNS sudah mulai libur

"Kemungkinan Sabtu dan Minggu puncak arus mudik. Kita perkirakan akan ada 12 ribu orang yang pergi dan tiba di Bandung," ujarnya.


Sugeng Sonten, Pemudik Mulai Meningkat di Yogya:

[Gambas:Video 20detik]


(mso/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed