detikNews
Rabu 29 Mei 2019, 14:49 WIB

Basarnas Fokus Amankan Objek Wisata Saat Libur Mudik Lebaran

Hakim Ghani - detikNews
Basarnas Fokus Amankan Objek Wisata Saat Libur Mudik Lebaran Kepala Basarnas Marsyda Bagus Puruhito. (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut - Badan Nasional Pertolongan dan Pencarian atau Basarnas bersiap menghadapi musim mudik lebaran 2019 di seluruh Indonesia. Basarnas akan fokus ke titik penyeberangan dan objek wisata.

Kepala Basarnas Marsyda Bagus Puruhito mengatakan pihaknya menyiagakan pasukannya di ratusan titik pos mudik lebaran seluruh Indonesia.

"Kita siap di 38 kantor pos, 77 pos siaga dengan 354 pos mudik lebaran," ujar Bagus kepada wartawan di Pos PAM Limbangan, Jalan Raya Limbangan-Malangbong, Rabu (29/5/2019).


Menurut Bagus objek wisata dan kawasan penyeberangan merupakan fokus utama Basarnas dalam musim mudik kali ini. Sebab titik-titik itu paling banyak dikunjungi dan tempat berkumpul masyarakat.

"Semuanya kita lagi fokus. Hanya ditekankan untuk memantau yang tadi itu, jalur darat, penyeberangan dan objek-objek wisata," katanya.

Bagus menambahkan pihaknya siap dengan kekuatan penuh. Ada sejumlah helikopter dan kapal laut yang siaga, ditambah ribuan pasukan di seluruh Indonesia.


Kekuatan penuh dikerahkan untuk menanggulangi adanya bencana dan kejadian yang membutuhkan pertolongan saat arus mudik 2019 berlangsung. Petugas Basarnas siaga di jalur mudik sekitar 16 hari yakni mulai 28 Mei hingga 13 Juni 2019.

"Kita siapkan dengan 68 kapal berukuran 14-60 meter. Ada 114 boat dan 3.500 personel plus 4.500 potensi SAR," ujar Bagus.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed