detikNews
Selasa 28 Mei 2019, 23:08 WIB

Tim Penolong Terpadu Siap Bantu Pemudik Mogok dan Sakit di Banjar

Dadang Hermansyah - detikNews
Tim Penolong Terpadu Siap Bantu Pemudik Mogok dan Sakit di Banjar Polres Banjar Siapkan Tim Penolong Terpadu di Jalur Mudik. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Banjar -
Polres Banjar menyiapkan tim penolong terpadu dalam menangani kecelakaan dan kemacetan selama arus mudik Lebaran 2019. Salah satunya menyiagakan mekanik atas kerjasama Polisi dengan komunitas otomotif di Banjar.
Meski rentang jalur selatan yang melintasi wilayah Banjar tergolong pendek hanya 12 kilometer, namun Polres Banjar siap secara maksimal mengawal para pemudik yang menuju wilayah Jawa Tengah. Kota Banjar merupakan daerah paling ujung Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan daerah Jawa Tengah.

Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana mengatakan untuk pengamanan mudik operasi Ketupat Lodaya 2019 ini menerjunkan 600 personel, terdiri dari 360 anggota Polres Banjar dan sisanya dari lintas sektoral, TNI, Dishub, Satpol PP, PMI, Dinas Kesehatan, Pramuka.
"Semua dibagi menjadi 6 titik pos pengamanan. Kami membentuk tim penolong terpadu dalam hal menangani kecelakaan dan kemacetan," ujar Yulian usai menggelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2019 di Mapolres Banjar, Selasa (28/5/2019) sore.
Tim Penolong Terpadu Siap Bantu Pemudik Mogok dan Sakit di Banjar {subuh.....)Foto: Dadang Hermansyah
Kapolres menjelaskan tim penolong terpadu tersebut untuk mengatasi permasalahan di jalan. Seperti disediakan mekanik untuk mengatasi kendaraan mogok dan tim medis dari Dokpol dan Dinas Kesehatan untuk melayani pemudik yang sakit atau kelelahan.
"Untuk tim mekanik tentunya kami bekerjasama dengan berbagai pihak, ada komunitas motor dan mobil yang membantu kita. Jadi ketika ada kendaraan pemudik yang mogok langsung dibantu diperbaiki, juga untuk antisipasi supaya tak menghambat arus kendaraan," terangnya.
Yulian memprediksi arus mudik yang melintas wilayah Banjar tak akan signifikan dibanding dengan mudik di tahun 2018. Seiring dengan semakin baiknya infrastruktur jalan tol di wilayah utara.



(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com