Pemprov Jabar Raih Opini WTP Beruntun, Pertama di Era Ridwan Kamil

Mukhlis Dinillah - detikNews
Selasa, 28 Mei 2019 13:04 WIB
Paripurna DPRD Jabar. (Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung - Pemprov Jabar meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke delapan kali beruntun dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018. WTP kali ini terasa spesial karena pertama kalinya di bawah kepemimpinan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Tujuh tahun terakhir, Pemprov Jabar di bawah kepemimpinan Ahmad Heryawan selalu mendapat predikat WTP. Ridwan Kamil yang menjadi gubernur baru melanjutkan rekor apik tersebut. Opini WTP pertama bagi Ridwan Kamil yang lima tahun menjadi Wali Kota Bandung gagal membawa Kota Bandung mendapat WTP.

"Kami baru menyerahkan laporan hasil pemeriksaan BPK atas LKPD TA 2018 untuk Pemprov Jabar. Hasilnya kami berikan opini WTP kedelapan kalinya," kata Kepala Perwakilan BPK Jabar Arman Syifa dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (28/5/2019).


Ia menuturkan BPK memberikan sejumlah catatan yang harus diperbaiki Pemprov Jabar untuk LKPD tahun 2019. Meskipun, kekurangan yang ada saat ini tidak mempengaruhi opini WTP.

"Memang tidak semua sempurna, termasuk kami dalam melakukan pemeriksaan ada batas materialitas, ada toleransi kesalahan. Saat ini itu belum terlewati sehingga masih WTP," ungkap dia.


Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan opini untuk ke delapan kali ini sangat membanggakan. Tentunya pencapaian ini patut diapresiasi atas kerja keras semua pihak di Pemprov Jabar.

"Ini membanggakan bagi kami. Saya berikan apresiasi kepada ASN dalam upaya meningkatkan pengelolaan dan laporan keuangan," ucapnya.


Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari mengapresiasi kinerja pemerintah dalam menjaga opini WTP tersebut. Ia berharap hasil ini bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja ke depan.

"Semoga WTP kali ini menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja ke depan," ujar Ineu.


Didukung Jadi Ketum PPP, Apa Kata Kang Emil? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(mud/tro)