detikNews
Senin 27 Mei 2019, 13:09 WIB

Pimpinan Ponpes di Cianjur Ustaz Umar Diamankan Polda Metro Jaya

Syahdan Alamsyah - detikNews
Pimpinan Ponpes di Cianjur Ustaz Umar Diamankan Polda Metro Jaya Foto: Syahdan Alamsyah
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Cianjur - Polisi mengamankan Pimpinan Ponpes At-taqwa Ustaz Umar Burhanudin karena diduga terlibat dalam aksi kerusuhan pada 22 Mei lalu.

"Yang mengamankan Personel Polda Metro Jaya, bukan oleh Densus 88," kata Kasatreskrim Polres Cianjur, AKP Budi Nuryanto melalui pesan singkat, Senin (27/5).

Terkait kronologi lengkap Budi mengaku tidak ada kewenangan untuk menjelaskan lebih lanjut dan meminta Detikcom menghubungi pihak Polda Metro Jaya.

"Saya tidak ada kewenangan memberikan statement, silahkan ke Polda Metro saja," imbuh dia.

Soal penangkapan Ustaz Umar, dibenarkan pengelola Ponpes At-taqwa Sobihin. "Diamankan Jumat (24/5) malam di sekitar Ponpes oleh anggota Densus," ungkap Sobihin kepada wartawan.

Sobihin menjelaskan, Ustaz Umar diamankan untuk dimintai keterangan terkait keterlibatan dua santri At-taqwa yang ditangkap oleh Brimob saat kerusuhan di Petamburan, Jakarta 22 Mei lalu.

"Ustaz sempat diajak makan oleh personel Densus di sekitar Cianjur untuk berbuka puasa, saat itu beliau didampingi pengacara dan keluarganya ke Jakarta," lanjutnya.

Ustaz Umar akan dimintai keterangan seputar amplop yang didapat dari dua santri yang diduga terlibat kerusuhan 22 Mei. Informasinya amplop tersebut digunakan untuk membayar massa aksi.

"Kepolisian menemukan amplop milik Ustaz Umar, namun itu untuk para santri yang selalu menjadi imam tarawih namun terbawa ke Jakarta oleh kedua santri tersebut, bukan untuk membiayai aksi 22 Mei kemarin," pungkas dia.
(sya/ern)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed