detikNews
Senin 27 Mei 2019, 10:45 WIB

Hampir 100 Personel SAR Siaga di Jalur Mudik Jawa Barat

Wisma Putra - detikNews
Hampir 100 Personel SAR Siaga di Jalur Mudik Jawa Barat Foto: Wisma Putra
Kabupaten Bandung - Kantor SAR Bandung siap siaga di jalur mudik yang berada di Jawa Barat. Hampir seratus personel dikerahkan untuk Siaga SAR Lebaran 2019.

Pantauan detikcom, Senin (27/5/2019), dalam simulasinya, anggota Kantor SAR Bandung melakukan Siaga SAR Lebaran 2019 di jalur mudik Nagreg yang melibatkan banyak anggota dan peralatan.

Puluhan anggota yang mengendarai Motor ATV, Motor Trail, Mobil SAR dan Truk SAR yang digunakannya untuk mengangkut anggota dan peralatan berputar di jalur mudik Nagreg. Hal itu akan dilakukan pada Siaga Lebaran 2019 di jalur mudik dari Tanggal 28 Mei sampai 13 Juni 2019.

"Hari ini kami Basarnas di seluruh Indonesia melalui apel kesiapsiagaan Lebaran 2019. Untuk Kantor SAR Bandung di Jawa Barat ini secara personel dan peralatan kami siap mendukung kesiapsiagaan Lebaran 2019," kata Kepala Basarnas Kabar Deden Ridwansyah usai memimpin apel di Kantor SAR Bandung, Jalan Raya Badung-Garut.

Ia mengungkapkan, puluhan personel diterjunkan dengan didukung peralatan yang biasa digunakan untuk operasi SAR.

"Personel ada 94 orang yang dilengkapi dengan semua peralatan sesuai yang kita butuhkan. Mereka akan kami tempatkan di posko-posko sesuai rencana kesiapsiagaan yang sudah kita susun," ungkapnya.

Puluhan anggota itu di antaranya akan ditempatkan di Tol Cipali, yang merupakan Posko Induk di Cikopo di KM 102, KM 164, Pelabuhan Cirebon, Nagreg dan Tasikmalaya.

"Semuanya untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat yang akan melakukan mudik tahun ini," ujarnya.

Dalam Siaga SAR Lebaran 2019 ini, jalur mudik yang rawan mengalami kecelakaan lalu lintas dan jalur mudik yang rawan mengalami longsor menjadi perhatian khusus Kantor SAR Bandung.

"Sesuai hasil rapat gabungan ada beberapa titik yang rawan terjadi bencana longsor. Itu yang kita antisipasi di antaranya di Nagreg, ruas Tol Cipali jalannya lurus dan masih bergelombang itu yang kita antisipasi kecelakaan, sehingga peralatan untuk kecelakaan di jalan raya kita siapkan," jelasnya..

Menurutnya di jalur Nagreg sendiri rawan terjadi kecelakaan lalu lintas. Pihaknya mengimbau agar masyarakat mempersiapkan kendaraan dan fisiknya dengan baik. Selain itu bila lelah, masyarakat bisa beristirahat di rest area yang disediakan Kantor SAR Bandung yang berada di Jalan Raya Bandung-Garut, tepatnya di wilayah Parakan Muncang, Sumedang.

Tidak hanya di jalur mudik. Pihaknya juga siapkan personel dan peralatan di sejumlah laut di Jawa Barat. Seperti diketahui, biasanya selepas idulfitri banyak masyarakat yang berlibur ke laut di Jawa Barat.

"Di laut kita tempat kan satu unit rescue boot dan dua unit rib (kapal). Itu yang akan menghandle daerah perairan laut Jawa," pungkasnya.



(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed