DetikNews
Jumat 24 Mei 2019, 14:24 WIB

Jalur Cijapati Digunakan saat Terjadi Antrean di Exit Tol Cileunyi

Wisma Putra - detikNews
Jalur Cijapati Digunakan saat Terjadi Antrean di Exit Tol Cileunyi Jalur Cijapati di Kabupaten Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Kabupaten Bandung - Jalur alternatif Cijapati, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, digunakan saat terjadi antrean kendaraan di exit Tol Cileunyi hingga KM 148 Gedebage.

Pantauan detikcom, Jumat (24/5/2019) siang, jalur penghubung Kabupaten Bandung dan Garut ini masih banyak rambu-rambu jalan yang harus dilengkapi yaitu penerangan jalan umum (PJU) dan pembatas. Kondisi jalan sudah bagus, namun ada sedikit mengalami kerusakan dan bergelombang.

Bagi pemudik yang melintasi jalan ini harus berhati-hati karena kontur jalan menanjak dan menurun. Banyak tikungan tajam dan rawan longsor.

"Jalur alternatif dapat digunakan apabila terjadi urgensi, misalkan di exit tol Cileunyi ada kepadatan hingga lima kilometer ke belakang, maka yang akan kita lakukan membuka di KM 148 dari Sapan-Majalaya-Cijapati, kurang lebih 20 kilometer," kata Kasatlantas Polres Bandung AKP Hasby Ristama.

Jalur Cijapati Digunakan saat Terjadi Antrean di Exit Tol CileunyiJalur Cijapati di Kabupaten Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Polisi bekerja sama dengan Dishub Kabupaten Bandung akan memasang rambu-rambu tambahan di sepanjang Cijapati. Tujuannya agar pemudik atau masyarakat lainnya yang melintas jalur alternatif ini tidak bingung.

"Jalur alternatif Cijapati hanya dapat digunakan oleh mobil kecil dan motor. Untuk bus sendiri tidak kami rekomendasikan," ucap Hasby.

Untuk keberadaan PJU, dia menilai masih kurang tersedia di Cijapati. "Karena ini merupakan jalur alternatif, tentunya masih harus banyak penambahan-penambahan. Kita sudah lakukan rapat koordinasi, beberapa kekurangan akan ditambah hingga pada hari H masyarakat mudik bisa maksimal," ujar Hasby.

Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan menuturkan jalur alternatif di wilayah hukumnya ada dua yaitu Cijapati dan Kamojang. "Jalur Sapan-Majalaya-Cijapati tidak kami sarankan digunakan pada malam hari," katanya.

"Kekurangan sudah kita koordinasikan dengan Dishub Kabupaten Bandung dan PUPR Kabupaten Bandung. Mereka siap H-7 baik PJU maupun kerusakan jalan dan kekurangan rambu-rambu siap dilengkapi," Indra menambahkan.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed