detikNews
Kamis 23 Mei 2019, 16:58 WIB

Pantai Pangandaran Masih Diserbu Sampah Plastik

Andi Nurroni - detikNews
Pantai Pangandaran Masih Diserbu Sampah Plastik Petugas di tengah-tengah sampah plastik yang menyerbu Pantai Pangandaran. (Foto: istimewa)
Pangandaran - Pantai Pangandaran terus menerus mendapat kiriman sampah plastik. Sampah plastik diduga terseret gelombang setelah lama mengendap di dasar Teluk Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Relawan penggiat lingkungan Sutan Abdul Rosyid menjelaskan arus bawah laut Pangandaran saat ini tengah deras. Rosyid menduga hal itu yang menyebabkan sampah plastik di dasar laut terangkat dan terdorong ke pantai.

"Sampah plastik sebagian besar berasal dari sungai-sungai yang bermuara di Teluk Pangandaran, seperti Sungai Citanduy," kata Rosyid.

Selain itu, menurut dia, sampah plastik juga disumbang aktivitas nelayan jaring seret yang kerap meninggalkan sampah-sampah yang turut terjaring bersama ikan. Untuk mengikis tumpukan sampah, Pemkab Pangandaran dan warga rutin melakukan aksi bersih-bersih pantai, terutama akhir pekan.


Setiap Jumat, komunitas dan instansi pemerintah turun tangan bersama-sama. Sementara Sabtu-Minggu, aktivitas bersih-bersih pantai lebih banyak digerakkan komunitas warga. Beberapa komunitas yang terlibat, menurut Rosyid, seperti FKDM, Tagana, Kompepar, pelaku usaha hingga pelajar.

"Jumat bisa 200-an orang yang terlibat, sampahnya bisa dua kontainer," ucap Rosyid.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran Surya Darma mengapresiasi kepedulian masyarakat terhadap isu lingkungan, khususnya problem samah plastik di pantai.


Isu plastik, menurut Surya, kini sudah menjadi isu strategis nasional. Untuk itu, kata Surya, pihaknya kini juga tengah mendorong lahirnya regulasi soal penggunaan plastik.

"Kita dorong di regulasi bagaimana masyarakat bisa mengurangi penggunaan plastik, juga kantor-kantor pemerintah mengurangi kebiasaan mengonsumsi produk kemasan plastik, seperti air mineral, kita ganti dengan gelas kaca," kata Surya.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed