DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 13:04 WIB

Kadisperindag Pastikan Harga Kepokmas di Jabar Stabil

Yudha Maulana - detikNews
Kadisperindag Pastikan Harga Kepokmas di Jabar Stabil Disperindag pastikan harga kepokmas stabil. (Foto: Faruk/detikcom)
Cimahi - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat M Arifin mengatakan stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) di Jawa Barat cenderung stabil pada kuartal pertama tahun 2019.

"Harga stabil, namun terjadi gejolak bawang putih menjelang Ramadhan," kata Arifin saat ditemui di Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Senin (21/5/2019).


Sebelumnya, harga bawang putih mencapai angka Rp 90 ribu per kilogram di Jawa Barat. Kebanyakan pedagang mengeluhkan minimnya stok bawang putih di pasar induk.

"Untuk kebutuhan bawang putih nasional, termasuk di Jawa Barat 90 persennya mengandalkan bawang putih impor. Mau bagaimana pun akan tetap bergantung kepada bawang impor," kata Arifin.

Menurut Arifin, pemerintah baru membuka keran impor pada akhir April yang berimbas pada ketidaktersediaan bawang putih di sejumlah tempat. "Ketika itu terjadi proses supply and demand," katanya.


Oleh karena itu, ujar Arifin, Kementerian Pertanian menetapkan agar semua importir menanam 5 persen dari jumlah komoditas impor di Indonesia. "Jadi mereka mengimpor berton-ton, nah lima persennya harus ditanam di Indonesia, seperti di Cimenyan," katanya.

Menurutnya, bawang putih yang ditanam di Cimenyan berhasil dipanen, namun bukan untuk dijual. "Ini untuk ditanam dan dibudidayakan," katanya.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed