detikNews
Senin 20 Mei 2019, 09:38 WIB

Selama Lebaran, Delman Tidak Boleh Beroperasi di Garut

Hakim Ghani - detikNews
Selama Lebaran, Delman Tidak Boleh Beroperasi di Garut Foto: Hakim Ghani
Garut - Delman atau kereta kuda dipastikan tidak akan beroperasi selama arus mudik lebaran 2019. Pemkab Garut sudah menyiapkan dana ratusan juta rupiah untuk kompensasi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Garut Suherman mengatakan, delman selalu disetop operasinya saat musim mudik lebaran setiap tahun. Pasalnya delman dianggap salah satu biang kemacetan di jalur mudik.

"Berdasarkan hasil kesepakatan, delman seperti biasa tidak beroperasi saat musim mudik lebaran," ujar Suherman kepada detikcom di lapangan Setda Garut, Jalan Pembangunan, Tarogong Kidul, Senin (20/5/2019).

Delman berhenti beroperasi mulai H-4 hingga H+3 lebaran 2019. Suherman menjelaskan, delman yang berhenti sementara hanya delman-delman yang beroperasi di jalur mudik.

"Delman yang berhenti dulu beroperasi itu di Kecamatan Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Leles, Kadungora, Limbangan dan Malangbong," katanya.

Suherman menambahkan sebagai gantinya Pemkab Garut telah menyiapkan dana kompensasi sebesar Rp 420 juta untuk bagi 603 delman yang ada di 6 kecamatan tersebut.

"Pokoknya setiap delman kebagian Rp 75 ribu per hari, dikali 7 jadi Rp 525 ribu. Kompensasi akan segera dibagikan langsung ke para pemilik delman," pungkas Suherman.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed