DetikNews
Jumat 17 Mei 2019, 15:46 WIB

Penampakan Sampah Menumpuk di Pantai Loji Geopark Ciletuh

Syahdan Alamsyah - detikNews
Penampakan Sampah Menumpuk di Pantai Loji Geopark Ciletuh Aneka sampah menumpuk di Pantai Loji Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Sampah berserakan dan menumpuk di bibir Pantai Loji, yang masuk ke dalam kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Bentuknya beragam, mulai dari boneka kain, plastik, hingga batang pohon.

Tidak hanya berserakan, gunungan sampah juga terlihat di beberapa titik pantai yang sama. Menurut pengakuan warga kondisi itu sudah terjadi sejak dua pekan terakhir.

"Malam air laut pasang lalu menyisakan sampah di tempat ini, kadang kalau air pasang lagi sampah-sampah ini terbawa lagi ke laut. Hanya sudah dua mingguan ini sampah masih banyak di tepian pantai," kata Milah (50), warga setempat kepada detikcom, Jumat (17/5).


Ombak-ombak tanggung datang membawa sampah baru, menambah padat tumpukan yang berserakan hingga ke tepian. Kondisi ini jelas menjadi target lezat bagi para pemulung.

"Kadang atum (plastik padat) terbawa air, bekas botol minuman dan plastik makanan ringan. Semuanya terbawa hingga ke tepi, sebagian sengaja dikumpulkan jadi menumpuk," tutur Milah.

Penampakan Sampah Menumpuk di Pantai Loji Geopark CiletuhSampah berserakan di Pantai Loji. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Tumpukan sampah berbagai jenis mengotori area Pantai Loji kawasan Geopark Ciletuh - Palabuhanratu Sukabumi. Kondisi memprihatinkan itu diungkapkan sejumlah aktivis dari komunitas Mata Sosial melalui jejaring media sosial.

Ruslan Raya, koordinator Mata Sosial, menyebut sampah berupa styrofoam, plastik rumah tangga, kayu, botol plastik hingga batang pohon menutupi area pantai yang berdekatan dengan kawasan PLTU Palabuhanratu.

"Sampah itu berserakan menutupi nyaris keseluruhan pasir pantai. Melihat kondisi ini saya merasa miris karena lokasinya berada di kawasan wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu," ucap Ruslan melalui sambungan telepon
(sya/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed