DetikNews
Jumat 17 Mei 2019, 13:45 WIB

Satpol PP Cimahi Bongkar Musala Supermarket yang Salahi Aturan

Yudha Maulana - detikNews
Satpol PP Cimahi Bongkar Musala Supermarket yang Salahi Aturan Foto: Yudha Maulana
Cimahi - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi membongkar musala di sebuah supermarket yang berada di Leuwigajah, Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jumat (17/5/2019).

Pasalnya, bangunan musala seluas 36 meter persegi itu menyalahi izin mendirikan bangunan (IMB), yakni dengan membuat tambahan ruangan di luar izin yang diberikan.

"Tentu kami dari Satpol PP ingin menegakkan perda, setelah di lapangan memenuhi prosedur wasdal PUPR dan teguran pertama hingga ketiga, ini jelas melanggar dan harus dieksekusi," kata Plt Kasatpol PP, Totong Solehudin di lokasi penertiban.

Letak musala tersebut berada di bagian belakang bangunan supermarket. Selain ruangan ibadah, tempat wudu juga ikut dibongkar.

"Tapi jangan sampai salah tafsir, ini bukan berarti Satpol PP Cimahi antimusala, tapi kami berharap pemilik bisa membangun musala di tempat yang lebih layak dan tepat penggunaan izin bangunannya, ujar Totong.

Kendati demikian, pihaknya memberikan pendekatan agar pengelola membongkar sendiri bangunan musala tersebut.

"Kami lebih toleran, kami berikan waktu seminggu untuk menyelesaikan pembongkaran, minggu depan akan kami lihat progresnya," ucapnya.

Totong menegaskan, agar warga tidak mendirikan bangunan di luar ketentuan yang diberikan. "Jangan sampai nanti modal sudah keluar, bangunan sudah jadi, tapi dibongkar karena menyalahi aturan," ucapnya.

Humas Borma Cijerah Grup, Anton Suharjanto mengaku akan sesegera mungkin menyelesaikan pembongkaran musala tersebut. "Kami dapat masukan juga, memang ada dua musala di sini, yang ini (yang akan dibongkar) diperuntukkan untuk sopir dan loading dock," ungkapnya.

Pihaknya pun berencana untuk memindahkan musala tersebut. "Kami akan mencari titik yang pas, dan akan kami ajukan terlebih dahulu kepada perusahaan," katanya.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed