DetikNews
Jumat 17 Mei 2019, 03:55 WIB

Polisi Petakan Kemacetan dan Bencana di Jalur Cimahi-KBB Saat Mudik

Yudha Maulana - detikNews
Polisi Petakan Kemacetan dan Bencana di Jalur Cimahi-KBB Saat Mudik Salah satu titik rawan bencana yang telah dipetakan oleh Polres Cimahi. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Cimahi - Polres Cimahi menyoroti beberapa ruas jalan di jalur mudik di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Ramadhan 1440 H. Beberapa jalur tersebut ialah Jalan Raya Padalarang, Jalan Raya Lembang serta Jalan Raya Amir Machmud.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Suharto mengatakan di Padalarang aktivitas pasar tumpah serta warga yang parkir kendaraannya sembarangan menjadi biang kemacetan.


Ia pun menyoroti jalan Kolonel Masturi yang memiliki turunan curam dan minim penerangan. Pasalnya, jalur tersebut menjadi alternatif dari Cimahi ke Lembang atau sebaliknya.

"Kami menggelar rapat forum antar sektoral dan meminta agar pihak terkait melakukan penertiban di titik kemacetan. Kami juga berharap pemerintah daerah proaktif untuk menyiapkan sarana dan prasarana lalu lintas," kata Suharto via telepon, Kamis (16/5/2019).

Selain jalur mudik, pihaknya juga menyoroti jalur wisata yang rawan bencana. Di antaranya Jalan Cikahuripan, Kolonel Masturi dan Jalan Maribaya yang sebagian jalannya amblas tergerus longsor.

"Jalur ini harus segera diperbaiki, karena khawatir jika ada kendaraan yang lewat atau curah hujan yang tinggi terjadi hal yang tidak diinginkan," katanya.


Khusus di dua jalur tersebut, pihaknya akan melakukan sistem buka tutup. "Bahaya kalau ada antrean kendaraan di sana, bahu jalannya sudah terangkat. Kami akan melakukan kanalisasi kendaraan," ucapnya.

Suharto mengatakan untuk mengusir kejenuhan akibat menunggu sistem buka tutup, pihaknya akan membagi-bagikan minuman dan makanan ringan. "Agar tidak bosan saat menunggu," ujarnya.

Secara keseluruhan, personel yang akan dilibatkan untuk pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2019 sebanyak 723 personel di Wilayah Hukum Polres Cimahi. "Kalau pos penjagaan ada 3 titik, pos pelayanan ada 2 titik dan pos gatur ada ratusan titik di wilayah Cimahi dan KBB," katanya.
(tro/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed