DetikNews
Kamis 16 Mei 2019, 15:57 WIB

Bertemu di Darat, Perang Sarung di Sukabumi Janjian via Medsos

Syahdan Alamsyah - detikNews
Bertemu di Darat, Perang Sarung di Sukabumi Janjian via Medsos Foto: Syahdan Alamsyah
Sukabumi - Perang sarung antar kelompok remaja di Sukabumi seolah menjadi tradisi tiap ramadhan. Sarung yang mereka bawa diisi dengan berbagai senjata tajam. Mereka janjian untuk 'berperang' lewat media sosial.

Polres Sukabumi mengamankan belasan remaja yang terlibat perang sarung, dua di antaranya dijadikan tersangka karena menganiaya salahseorang remaja berusia 16 tahun.

"Kita pantau kemudian kita dalami sampai akhirnya diketahui para pelaku tawuran bertopeng perang sarung ini kerap mencari lawan mereka melalui Facebook," kata Kapolresta Sukabumi AKBP Susatyo didampingi Kasatreskrim, AKP Rizalji Satria di Mapolresta Sukabumi, Kamis (16/5).

Karena rencana aksinya terposting di media sosial, polisi beberapa kali menggagalkan rencana perang sarung antar kelompok tersebut.

"Kita kerahkan patroli untuk bergerak ke titik-titik lokasi dimana akan terjadi perang sarung, anggota kita beberapa kali mengagalkan rencana perang sarung tersebut. Belasan sarung modifikasi kita amankan, pelakunya kabur," ujarnya.

Dijelaskan Susatyo terkait motif aksi para pelaku perang sarung tersebut hanya ingin ada pengakuan kelompok terhebat ketika berhasil mengalahkan kelompok lawannya.

"Motifnya antar mereka ini bersaing, gagah-gahan antar kelompok untuk mengaktualisasikan bahwa kelompoknya ini lebih hebat atau lebih dominan sehingga dia menyerang atau mengajak ribut kelompok lainnya," lanjut Susatyo.

Diberitakan sebelumnya, tradisi 'perang sarung' saat bulan ramadhan di Sukabumi memakan korban. AP (16) terluka akibat dianiaya dua orang remaja lainnya RA dan MR.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo mengatakan aksi kekerasan itu berawal dari tantangan perang sarung yang dilayangkan kelompok pelaku dengan kelompok korban pada Kamis (9/5) lalu di Jalan RA Kosasih Gg Juli Kecamatan Cikole.


(sya/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed