DetikNews
Kamis 16 Mei 2019, 14:58 WIB

Dukun Cabul di Garut Terancam 15 Tahun Penjara

Hakim Ghani - detikNews
Dukun Cabul di Garut Terancam 15 Tahun Penjara Foto: Hakim Ghani
Garut - Riswan Ginanjar (26), mengaku dukun dan mencabuli 20 gadis asal Kabupaten Garut. Hal itu dilakukan Riswan saat korban menjalankan ritual bugil. Riswan terancam hukuman 15 tahun penjara.

Riswan masih menjalani pemeriksaan lanjutan di Mapolres Garut, Jalan Sudirman, Karangpawitan, Kamis (16/5/2019). Kepada penyidik, Riswan mengakui perbuatannya melanggar hukum.

"Saya menyesal, khilaf," ungkap Riswan saat ditanya penyidik soal kelakuannya, di Polres Garut, Kamis (16/5/2019).

Riswan selesai menjalani pemeriksaan lanjutan pada Kamis (16/5/2019). Pernyataannya yang berubah-ubah membuat polisi bekerja ekstra untuk mengungkap kasus ini. Dia irit bicara saat ditanya selepas menjalani pemeriksaan.

"Iya (lakukan ritual bugil). Saya mengaku jadi dukun. Kegiatannya di rumah saya," katanya.

Aksi bujangan asal Kecamatan Cisewu ini berlangsung sudah setahun, sejak Juni 2018. Dalam waktu itu, dia sukses memperdayai 20 gadis Cisewu. Yang teranyar, dia melakukan aksinya pada akhir April 2019. ABG 16 tahun yang jadi korban terakhirnya.

"Total ada 20 korban. Rata-rata usia berkisar 15-17 tahun. Berkaitan dengan jumlah, ini masih kami perdalam lagi karena keterangan tersangka ini berubah-ubah," ungkap Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna kepada wartawan di lokasi yang sama.

Sebelumnya, Riswan menyebut ada 16 gadis yang jadi korbannya. Namun, setelah ditelusuri, ternyata korban Riswan ada 20 orang. Polisi kini membuka posko pengaduan di Polsek Cisewu dan Polres Garut untuk memudahkan proses pelaporan jika seandainya ada korban lain yang hendak melapor.

Riswan kini harus mendekam di sel tahanan Mapolres Garut untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dia dijerat Pasal 82 Undang-undang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun.

"Kita maksimalkan (hukumannya)," pungkas Budi.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed