DetikNews
Kamis 16 Mei 2019, 11:55 WIB

Terkendala Syarat, Mudik Gratis Jakarta-Ciamis Menyisakan 7 Bus

Dadang Hermansyah - detikNews
Terkendala Syarat, Mudik Gratis Jakarta-Ciamis Menyisakan 7 Bus Mudik gratis yang disiapkan Pemprov DKI Jakarta tujuan Ciamis masih menyisakan 7 bus. (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Ciamis - Mudik gratis yang disiapkan Pemprov DKI Jakarta tujuan Ciamis masih menyisakan setengah dari jumlah angkutan. Dari 15 bus yang disediakan, masih ada 7 bus yang kosong. Padahal waktu pendaftaran menyisakan dua hari lagi.

"Bus mudik gratis tujuan Jakarta-Ciamis masih ada kuota setengahnya, kalau enggak salah 7 bus. Tapi untuk balik sudah full, memang hanya disediakan 7 bus," ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Ciamis Eddy Yulianto, Kamis (16/5/2019).


Eddy mengatakan masih kosongnya bus mudik gratis tersebut diduga karena terkendala persyaratan. Karena banyak warga Ciamis yang mengeluh. Ternyata yang bisa mudik gratis harus memiliki e-KTP Jakarta.

"Banyak calon peserta mudik gratis yang mengeluh karena KTP-nya belum dan bukan DKI, terutama pekerja musiman," ucapnya.

Di sisi lain, tim dari mudik gratis Jakarta telah datang ke Ciamis untuk melihat kondisi terminal untuk bongkar-muat sepeda motor yang diangkut menggunakan 7 truk.

"Juga untuk menentukan titik lokasi tempat pemberhentian bus serta kendaraan penyambung," katanya.


Setiap armada mudik gratis yang disediakan memiliki 50 kursi, artinya total ada 750 kursi yang disediakan. Namun sampai saat ini baru terisi 400 kursi.

"Diimbau kepada warga yang mau ikut mudik gratis segera mendaftarkan diri karena waktunya sudah mau habis, kalau ga salah tinggal dua hari lagi," ujar Eddy.

Namun menurut Eddy, bila sampai batas waktu yang ditentukan masih kosong itu menjadi kebijakan Pemprov DKI Jakarta. Karena beberapa kota tujuan mudik gratis lainnya bahkan masih kekurangan bus.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed