DetikNews
Rabu 15 Mei 2019, 15:08 WIB

Pengacara Ahmad Dhani dan Eks Kapolda Jabar Gagal Jadi Senator

Mochamad Solehudin - detikNews
Pengacara Ahmad Dhani dan Eks Kapolda Jabar Gagal Jadi Senator Pengacara Ahmad Dhani, Aldwin Rahardian kemungkinan besar gagal menjadi senator mewakili Jabar. (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Bandung - Pengacara Ahmad Dhani, Aldwin Rahardian dan Mantan Kapolda Jabar Tubagus Anis Angkawijaya gagal menjadi senator mewakili Jawa Barat. Raihan suara keduanya belum cukup untuk mengantarkan menjadi anggota DPD RI periode 2019-2024.

Aldwin Rahardian adalah seorang pengacara muda yang telah menangani beberapa kasus penting. Contohnya saja suami Fahira Idris ini dipercaya sebagai ketua tim kuasa hukum Buni Yani dalam kasus pelanggaran UU ITE.


Paling anyar ia mendampingi musisi Ahmad Dhani dalam menghadapi kasus hukum ujaran kebencian di Pengadilan Negeri Surabaya. Dia kemudian mencoba peruntungan dengan terjun ke dunia politik sebagai calon anggota DPD RI untuk dapil Jabar.

Namun sayang perjuangannya kemungkinan besar gagal. Sebab berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Jabar dilihat dari surat DC1, raihan suaranya masih kalah dibanding calon lainnya. Dia hanya berhasil mengumpulkan 282.157 suara.

"Saya hasilnya memang rawan tidak lolos ke empat besar," kata Aldwin saat dihubungi via telepon, Rabu (15/5/2019).


Dia mengakui bila raihan suaranya belum cukup untuk menduduki ke kursi DPD RI. Apalagi, kata dia, selama masa kampanye termasuk jarang turun ke daerah pemilihan untuk bertemu masyarakat.

Selain itu, beberapa waktu lalu dia sedang sibuk membantu musisi Ahmad Dhani yang sedang tersandung kasus ujaran kebencian. Dia harus mengikuti sidang dua kali dalam seminggu demi membela kliennya itu.

"Saya memang jarang ke dapil. Karena dapat amanat profesi. Termasuk membantu Mas Ahmad Dhani. Saya seminggu dua kali (bersidang). Jadi saya sadari kurang turun," ucapnya.

Ia pun legowo meski tidak berhasil ke kursi DPD RI. Bila dilihat raihan suara juga, menurutnya, tidak terlalu mengecewakan. Dia bahkan sedikit berkelakar bisa merebut dua kursi bila maju sebagai caleg DPR RI.

"Suaranya cukup lumayan. Kalau untuk masuk ke DPR RI bisa mendapat dua (kursi). Saya juga enggak kecewa, karena saya maju DPD ini didorong oleh teman-teman aktivis," ucapnya.

Ditanya rencana ke depan di dunia politik, Aldwin mengaku belum memiliki rencana. "Saya belum tahu nih, kalau partai banyak yang minta gabung. Tapi saya belum memutuskan mau gabung yang mana," katanya.


Tokoh lainnya yang juga gagal menjadi senator adalah mantan Kapolda Jabar Tubagus Anis Angkawijaya. Kemungkinan besar ia gagal setelah hanya meraih sebanyak 30.580 suara.

Saat dikonfirmasi mengenai hasil tersebut, ia membenarkan bila dirinya gagal menjadi anggota DPD RI. "Sudah kalah saya mah, jauh sekali (suaranya juga)," katanya.

Dia mengaku sudah legowo meski gagal menjadi anggota DPD RI. Dia tidak ingin ambil pusing dengan meraih suara yang minin. "Sudah legowo saja, saya mah,"ujarnya.



Ahmad Dhani Teriak sebelum Sidang: Jangan Takut Ancaman Wiranto!:

[Gambas:Video 20detik]


(mso/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed