DetikNews
Jumat 10 Mei 2019, 08:05 WIB

DPRD Garut Sayangkan Kasus Jenazah Terpaksa Diantar Taksi Online

Hakim Ghani - detikNews
DPRD Garut Sayangkan Kasus Jenazah Terpaksa Diantar Taksi Online Foto: Hakim Ghani
Garut - DPRD Garut menyesalkan kejadian warga masyarakat yang terpaksaenyewa taksi online untuk mengangkut jenazah karena tak sanggup membayar biaya ambulans.


Wakil Ketua Komisi I DPRD Garut Yudha Puja Turnawan mengatakan seharusnya hal tersebut tak perlu terjadi.

"Permasalahan seperti ini seharusnya bisa diatasi. Kalau memang ambulans di RSUD dr. Slamet itu sedang beroperasi, kan bisa meminta bantuan pihak lain," ujar Yudha kepada wartawan.

Pemkab Garut sebenarnya memiliki layanan 'Sijeruk' atau Sistem Informasi Jejaring Rujukan. Dalam praktiknya, Sijerut memiliki tim respons cepat untuk menangani keluhan masyarakat. Salah satunya mengevakuasi jenazah ke rumah duka.

Yudha menyebut seharusnya RSUD dr. Slamet terintegrasi dengan Publicly Safety Center (PSC) yang dimiliki Pemkab Garut tersebut.

"Menurut saya RSU sepertinya tidak terintegrasi dengan PSC sehingga saat ada pasien yang membutuhkan ambulans untuk membawa jenazah tidak bisa dipenuhi. Akhirnya memakai jasa Grab," katanya.

Yudha menambahkan, sebenarnya banyak ambulans tersedia di Garut. Contohnya ambulans milik puskesmas maupun pihak swasta yang digratiskan untuk masyarakat. Namun sayangnya tidak terintegrasi dengan rumah sakit.

Agar kejadian tersebut tak lagi terulang. Yudha menyarankan agar Pemkab Garut harus mengoptimalkan armada Public Safety Center yang ada. Sistem jemput bola di media sosial juga harus lebih dioptimalkan agar masyarakat tidak kebingungan untuk mengadu.

"Kalau konteks PSC bisa dengan 119 (menghubungi) saja, tinggal bagaimana terintegrasi dengan RSU agar RSU juga enggak diam saja. Kalau konteks lainnya memang harus ada akun sosial media, agar Pemkab bisa lebih responsif terhadap apa yang dikeluhkan warga Garut," pungkas Yudha.
(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed