detikNews
Kamis 09 Mei 2019, 03:45 WIB

Caleg NasDem Tepis Isu Minta Kembalikan Meja Pingpong Gegara Kalah

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Caleg NasDem Tepis Isu Minta Kembalikan Meja Pingpong Gegara Kalah Logo partai NasDem (Foto: detikcom)
Bandung - Caleg NasDem Dudy Himawan dituding telah meminta warga mengembalikan meja pingpong yang awalnya diberikan gegara kalah raihan suara. Isu tersebut ditepis Dudy yang maju Pileg 2019 untuk DPRD Kota Bandung. .

Kabar tersebut mengemuka di Kampung Bongkar, RT 5 RW 3, Kelurahan Ciumbeleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. Warga setempat mengaku mendapat bantuan dari seorang caleg berupa meja pingpong.


Dia mengungkapkan caleg tersebut berasal dari NasDem daerah pemilihan (Dapil) Bandung 2 nomor urut 1. Caleg itu diketahui bernama Dudy Himawan.

"Dia itu petahana. Secara pribadi saya enggak tahu apakah dia lolos atau tidak. Yang pasti suara di TPS kami memang tidak sesuai harapannya dia," kata seorang warga yang meminta tak disebutkan namanya saat dikonfirmasi via pesan singkat, Rabu (8/5).

Awalnya, dia bercerita, beberapa bulan yang lalu caleg tersebut memberikan meja pingpong ke warga RT 5. "Nah setelah pemilu, tiba-tiba karena tidak sesuai dengan target suara, marah timsesnya ini. Minta dibalikin mejanya. Kami sebagai warga kecewa, ya sudah kami balikin," katanya.

Dia menjelaskan caleg Dudy menargetkan suara di TPS RT 5 ini mencapai 60 suara. Namun, saat pemungutan dan penghitungan suara pada 17 April, target itu meleset. "Targetnya itu 60 suara, yang tercapai cuma 54 suara di TPS RT 5 kami itu. Jadi cuma beda sedikit, warga kan jadi sakit hati," kata dia.


Pihak timses, sambung dia, menyatakan bahwa raihan suara Dudy di RT 5 tidak sesuai target. "Ya itu bahasanya tidak sesuai target, dia bilang 'sini balikin lagi mejanya'," katanya.

Warga yang kesal akhirnya mengembalikan meja pingpong. Pengembalian dilakukan Selasa (7/5) oleh warga kepada timses caleg tersebut. "Timsesnya datang, ya sudah kita balikin. Cuma satu meja," katanya.

Dudy Membantah

Caleg DPRD Kota Bandung asal NasDem Dudy Himawan membantah kabar mengambil kembali meja pingpong yang sudah diberikan kepada warga. Dudy juga menepis soal menjanjikan atau memberikan meja pingpong kepada warga.

"Itu tidak benar. Saya tidak pernah memberikan meja pingpong," ucap Dudy saat dikonfirmasi lewat sambungan telepon, Rabu (8/5).

Dudy mengaku tak tahu menahu tiba-tiba muncul kabar dirinya meminta pengembalian meja pingpong yang sudah diberikan ke warga Kampung Bongkar. Sepengetahuan dia, warga hanya mendapat pinjaman meja pingpong dari RT lain.

"Ya itu Pak RT 1 meminjamkan kepada RT 5, saya tahu begitu. Itu tidak ada hubungannya dengan caleg," dia menegaskan.


Dudy memastikan tak pernah menjanjikan atau memberikan sesuatu kepada warga berkaitan dengan pencalegan. Ia mengaku tak pernah meminta warga untuk memenangkan dengan target 60 suara.

"Ya pokoknya saya tidak paham dengan itu. Masalah ada stiker saya di mejanya itu, bisa saja dipasang oleh siapa pun. Kenapa harus ada stikernya yang jadi seolah-olah pemberian dari saya," tuturnya.

"Padahal saya enggak pernah memberikan apapun ke warga, menjanjikan juga tidak pernah," ujar Dudy.

Dudy mengklaim terpilih lagi masuk ke DPRD Kota Bandung. Di dapilnya, dia memperoleh suara tinggi dibanding caleg lain. "Sudah lolos secara hitungan manual KPU, Insyaallah paling tinggi di 4.660 (suara) di atas semua calon," kata Dudy.


Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) NasDem Kota Bandung Uung Tanuwidjaya membantah kabar caleg Dudy melakukan hal tersebut. Dia mengatakan isu itu hoaks.

"Kayanya berita itu tidak benar, bisa dikonfirmasikan kepada ketua DPD (NasDem) Kang Heri Mose," ucap Uung saat dikonfirmasi wartawan via pesan singkat, Rabu (8/5/2019).


Bagaimana Nasib Para Menteri yang Nyaleg? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed