Christian, Caleg Termuda yang Lolos ke DPRD Kota Bandung

Mochamad Solehudin - detikNews
Kamis, 09 Mei 2019 03:21 WIB
Chritsian Julianto Budiman (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Chritsian Julianto Budiman (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Chritsian Julianto Budiman (26) menjadi caleg termuda yang berhasil melenggang ke DPRD Kota Bandung. Mengaku masih pemula di dunia politik, caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini siap dipecat bila berkinerja buruk.

Christian terjun di dapil 6 Kota Bandung meliputi Kecamatan Astanaanyar, Babakan Ciparay, Bandung Kulon, Bojongloa Kaler dan Kecamatan Bojongloa Kidul. Dia meraih sekitar 5.609 suara saat hari pencoblosan lalu.

Pemuda lulusan Manajemen Tata Boga Sekolah Tinggi Parisiwata (STP) Bali tahun 2014 ini mengaku sudah sejak lama tertarik dengan politik. Hanya saja awalnya dia tidak pernah berpikir untuk terjun langsung ke dunia politik.

"Dari SMP sebenarnya senang dengan politik. Tapi saya merasa politik masih kotor, sampai SMA juga gitu," ucap Christian saat ditemui di Balai Kota Bandung, Rabu (8/5).


Pada 2017, dia merasakan ada sesuatu yang salah dalam politik Indonesia. Sebagai generasi muda, Chritsian gelisah dan ingin berbuat sesuatu untuk perbaikan bangsa ini, dengan cara terjun langsung ke dunia politik.

"Kita hanya bisa mengutuki saja. Akhirnya ada senior memberikan saran (untuk masuk dalam dunia politik). Saya dengar PSI, akhirnya saya masuk pada akhir 2017. Sampai jadi caleg (untuk DPRD Kota Bandung)," tutur Chritsian.

Selama masa kampanye Pileg 2019, dia mengaku hanya mengeluarkan uang sekitar Rp 10 juta-Rp 11juta. Dengan bermodalkan kartu nama, Chritsian mendatangi rumah-rumah untuk memperkenalkan diri dan mendengarkan keluh kesah warga.

"Kita cari dukungan enggak pakai biaya. Biaya kampanye saya Rp 15 juta itu dengan ada yang sumbang baju. Kalau kocek pribadi sekitar Rp 10-Rp 11 juta," katanya.


Berbagai curhatan warga dia dapatkan selama kurang lebih delapan bulan berkampanye. Dia berkomitmen untuk bekerja dengan sungguh-sungguh demi perbaikan Kota Bandung ke depan.

"Saya tidak janjikan apa yang tidak bisa saya kerjakan. Saya pikirkan setelah dilantik job desk dilakukan dengan benar saja," ucapnya.

Selain itu, Chritsian siap dipecat bila tidak bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Dia bahkan mengaku telah berkomitmen dengan partai kalau sering tidak ke kantor siap untuk diberhentikan.

"Kita tanda tangan komitmen kalau bolos sekitar 10 persen langsung dipecat. Kinerja juga bisa diukur masyarakat, apa dan sedang dikerjakan wajib dilaporkan di aplikasi (yang disiapkan partai). Jadi masyarakat bisa tahu (kinerjanya)," ujar Chritsian.


Ia sangat berharap dapat bekerja dengan baik untuk mengawal pembangunan di Kota Bandung. Bila mendapat kepercayaan, dia ingin duduk di komisi B DPRD Kota Bandung.

"Saya ingin di komisi B, karena punya background pariwisata. Kenapa enggak kita kembangkan lagi pariwisata (Bandung) lebih lagi," ucap Chritsian menegaskan.


Bagaimana Nasib Para Menteri yang Nyaleg? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]



(mso/bbn)