Istri Ahmad Heryawan Diprediksi Lolos ke Senayan

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 08 Mei 2019 14:49 WIB
Netty Prasetiyani (Foto: dok.Pemprov Jabar)
Cirebon - Netty Prasetiyani, istri mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, diprediksi melenggang ke Senayan. Netty maju sebagai caleg DPR RI nomor urut 1 dari PKS di Dapil Jabar VIII, yakni Kota dan Kabupaten Cirebon-Indramayu.

Ketua PKS Kabupaten Cirebon Junaedi membenarkan peluang Netty lolos ke Senayan. Junaedi menyebutkan Netty berhasil meraih suara terbanyak di wilayah Kabupaten Cirebon, yakni 34.294 suara. Sedangkan, menurut dia, PKS berhasil meraih suara sekitar 84.055 suara di Kabupaten Cirebon.

"Insyaallah lolos (Netty). Ya itu berdasarkan data resmi dari KPU," kata Junaedi kepada detikcom melalui pesan singkatnya, Rabu (8/5/2019).

Dia menyebutkan PKS berhasil meraih satu kursi di Dapil Jabar VIII dengan raihan suara mencapai 149,376 suara. "PKS dapat satu kursi. Mendapatkan kursi ke enam dari sembilan kursi yang diperebutkan," kata Junaedi.

Caleg Dapil Jabar VIII

Sementara itu, Forum Masyarakat untuk Demokrasi (Formud) Cirebon Raya merilis sembilan nama caleg yang diprediksi lolos ke Senayan Jakarta. Koordinator Formud Cirebon Raya Abdurrofiq Firmansyah mengatakan Golkar berhasil meriah suara terbanyak di Dapil Jabar VIII, yakni meraih 409.141 suara. Partai meloloskan dua calegnya, yakni Daniel Mutaqien dan Dave Akbarysah Fikarno.

"Dua kursi juga berhasil didapatkan PDI Perjuangan, yakni Ono Surono yang berhasil meraih 102 ribu lebih suara, dan Selly Andriany Gantina yang meraih 40 ribu suara lebih," kata Rofiq kepada detikcom melalui pesan singkatnya.

Sementara itu, lanjut dia, lima partai lainnya, yakni Gerindra, PKS, NasDem, PKB, dan Demokrat hanya meraih satu kursi. Gerindra menghantarkan caleg petahana yakni Kardaya Warnika yang meraih 37 ribu lebih suara, kemudian PKS meloloskan Netty Prasetiyani yang meraih sekitar 55 ribu lebih suara.

PKB meloloskan petahana yakni Dedi Wahidi yang meraih 113 ribu lebih suara, Demokrat meloloskan caleg petahana yakni Herman Khaeron yang meraih 43 ribu lebih suara, dan NasDem meloloskan Satori yang meraih suara 28 ribu suara.

"Untuk raihan suara tertinggi secara berturut-turut ada Golkar sekitar 409.141 suara, kemudian PDI Perjuangan meraih sekitar 372.972 suara, PKB suaranya itu sekitar 306.458 suara, Gerindra sekitar 244.245 suara, NasDem raihannya sekitar 167.938 suara, PKS sekitar 147.918 suara, dan Demokrat sekitar 120.395 suara," kata Rofiq. (bbn/bbn)