Pemkot Cimahi Siapkan 15 Bus Mudik Gratis untuk Mudik Lebaran

Yudha Maulana - detikNews
Selasa, 07 Mei 2019 16:50 WIB
Pemkot Cimahi siapkan 15 bus gratis untuk ratusan pemudik. (Foto: Deni Prastyo Utomo/detikcom)
Pemkot Cimahi siapkan 15 bus gratis untuk ratusan pemudik. (Foto: Deni Prastyo Utomo/detikcom)
Cimahi - Sebanyak 15 bus disiapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi untuk mengangkut pemudik secara gratis pada Ramadhan 1440 H ini. 15 bus ini memiliki kapasitas kursi penuh sebanyak 860 kursi.

Kepala Seksi Angkutan Dishub Kota Cimahi Ranto Sitanggang mengatakan saat ini jumlah warga yang mendaftar telah mencapai 833 orang.

"Jika dimaksimalkan 850 kursi, tapi kasihan kalau dimaksimalkan (dipenuhkan semuanya). Jadi alokasinya 750 orang (kursi)," ujar Ranto via sambungan telepon, Selasa (7/5/2019).


Menurut Ranto, 15 bus tersebut dibagi dua rute yakni Cimahi-Solo melalui Yogyakarta, Banjar, Kebumen dan Klaten. Sementara satu lainnya rute Cimahi - Semarang via Cirebon.

Saat ini Dishub akan melaksanakan pendaftaran ulang pada 16 Mei hingga 25 Mei. "Antusiasme warga untuk mengikuti program ini sangat tinggi," ujarnya.

Saat daftar ulang nanti, pemudik wajib membawa persyaratan seperti dokumen kependudukan KTP dan Kartu Keluarga.

"Keberangkatan Sabtu 1 Juni di lapangan Pemkot Cimahi. Mudah-mudahan dilepas oleh Wali Kota Cimahi," katanya.


Selama diperjalanan, menurutnya para pemudik akan mendapatkan makanan ringan dan makan untuk berbuka. Ranto mengatakan program mudik gratis dilakukan untuk mengalihkan penggunaan transportasi roda dua ke angkutan massal.

"Tahun lalu memberangkatkan 12 bus, kurang lebih 600 orang. Sekarang ada penambahan 3 bus," katanya. Kendati begitu, program ini hanya memberangkatkan pemudik saja dan tidak tersedia untuk arus balik. (tro/tro)